blog-indonesia.com

Jumat, 12 Februari 2010

ITS Resmikan NasDEC

ITS Resmikan NasDEC

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) memiliki National Ship Design and Engineering Center (NasDEC) atau Pusat Desain dan Rekayasa Kapal Nasional. Proyek besar itu merupakan hasil kerja sama ITS dengan Departemen Perindustrian. Pada 29/1, gedung NasDEC diresmikan Menteri Perindustrian RI Fahmi Idris. NasDEC di kampus ITS tersebut baru pertama ada di Indonesia. Sampai 2009, NasDEC masih dikelola bersama dengan Departemen Perindustrian.

NasDEC
tersebut menyediakan jasa pembuatan desain kapal. Mulai konsep, detail, hingga gambar produksi. Desain kapal itu pun beragam. Di antaranya, kapal nelayan, tanker, penyeberangan, penumpang barang, pengawas, patroli, dan kontainer. Selain desain kapal, NasDEC didirikan untuk penelitian dan pengembangan desain produk kapal yang inovatif.

Ketua Pengelola NasDEC Tri Wilaswandio mengatakan, pembangunan proyek NasDec itu diharapkan bisa menjadi sarana kegiatan terstruktur, sistematik, dan terorganisasi secara nasional. "Desain dan rekayasa kapal tersebut mampu bersaing di pasaran nasional dan internasional dari aspek mutu, biaya, dan waktu," ungkapnya seperti dikutip dari Jawa Pos.

Gedung NasDEC dibangun dengan dana Rp 13 miliar. Pihak ITS menyiapkan SDM (sumber daya manusia), sementara biaya investasi awal dan operasional awal didanai Departemen Industri sampai 2009.**

technologyindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More