blog-indonesia.com

Sabtu, 07 Agustus 2010

Triple Helix Conference IX, 2012: Dunia Amati SINAS Indonesia

Istilah "inovasi" bagi negara maju dan berkembang telah menjadi kata kunci pembangunan. Penilaian empirik di berbagai laporan menunjukkan bahwa semangat kolaboratif di dalam proses inovasi akan menjaga nilai daya kompetisi dan keberlanjutan pembangunan bagi setiap elemen yang terlibat di dalamnya. Itulah sebabnya, suatu sistem inovasi nasional kian popular ditemui dalam pelbagai konsep kebijakan publik di sebagian besar negara di dunia.

"The Triple Helix Conference (THC)" adalah suatu ajang dua tahunan, di mana pengamat kebijakan publik dan kalangan praktisi dari seluruh dunia membahas mengenai dinamika relasi inovasi di antara kalangan pengembang iptek, industri, dan pemerintah. Ketiga elemen yang biasa disebut ABG (Academician, Business, Government) ini, memang memiliki keterkaitan integral inovasi, untuk mampu mentransformasikan masyarakat menuju tingkat kesejahteraan yang lebih baik.


THC IX, 2012-Bandung

Berlangsung sejak tahun 1996, THC telah mengalami berbagai peningkatan ketajaman tema, dengan makin menyelaraskan teori dan praktik untuk dibahas di acara tersebut. Perbaikan ini menyebabkan di tiap giliran penyelenggaraannya, THC berupaya mendekatkan pengamatan terhadap pelbagai proses inovasi di dalam sistem ABG, sesuai dengan kondisi masyarakat.

Untuk tahun 2010 ini, THC VIII, akan berlangsung di Madrid, Spanyol pada bulan Oktober dengan mengambil tema berkisar "taman iptek", sebutan untuk area komersialisasi iptek (lihat www.triplehelix8.org). Seiring dengan upaya Indonesia dalam pengutan Sistem Inovasi Nasional, maka penyelenggaraan THC IX tahun 2012 direncanakan akan dilaksanakan di Indonesia.

Untuk penyelenggaraan THC IX, Kementerian Riset dan Teknologi akan bekerjasama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) untuk menggelar ajang tersebut di Kampus ITB. Persiapan pelaksanaan THC IX tersebut sudah mulai dilaksanakan sekarang.

Bersiap Sejak Sekarang

Pada tanggal 30 Juli 2010 lalu telah dilaksanakan rapat koordinasi antara tim dari Asdep Jaringan Iptek Internasional Kementerian Riset dan Teknologi dengan perwakilan dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, yaitu Prof. Togar Simatupang. Rapat tersebut membahas berbagai topik seputar Sistem Inovasi Nasional/Sinas, Indonesia yang akan dikembangkan sebagai bagian utama topik utama di dalam THC IX kelak (dokumentasi di samping).

Tim panitia THC IX akan melakukan berbagai langkah, termasuk pada kegiatan sosialisasi berbasis internet. Dalam waktu dekat, panitia akan menggulirkan sebuah situs yang akan menghela dukungan berbagai kalangan dalam dan luar negeri. Acara THC IX Bandung ini ditargetkan akan dihadiri oleh sedikitnya 400 peserta, dan puluhan pembicara dari berbagai belahan dunia.

Diharapkan, ajang THC IX ini akan menjadi promosi Indonesia kepada dunia internasional bahwa elemen pemerintah, bisnis, dan akademisi/peneliti dapat bersinergi untuk membangun daya saing bangsa Indonesia. (ad-jii/humasristek)


Ristek

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More