blog-indonesia.com

Jumat, 24 September 2010

Jepang Kalahkan Indonesia dalam Jumlah Pengguna Twitter?

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia selama ini dikenal sebagai pengguna Twitter terbesar di Asia. Namun, berita terbaru yang dilansir Asian Correspondent menyebutkan bahwa posisi itu telah diambil alih Jepang. Bukannya bergeser ke nomor dua, Indonesia malah terpuruk ke urutan tiga karena pengguna di India meningkat pesat sehingga menyalip Indonesia.

"Beberapa minggu lalu saya melaporkan bahwa menurut data comScore, Indonesia adalah pengguna Twitter terbesar. Namun, menggunakan data yang sama, saya menghitung perkiraan jumlah pengguna Twitter di 11 negara kunci di Asia, dan hasilnya adalah Jepang saat ini merupakan pengguna Twitter terbesar, mengambil alih posisi Indonesia yang turun ke peringkat ketiga di bawah India," tulis Jon Russell dalam laporannya, Rabu (22/9/2010).

Menurut data comScore, pengguna Twitter di Jepang mencapai 16.124.472 akun yang merupakan 16,8 persen dari populasi online-nya dan 12,69 persen populasi Jepang. Sedangkan India memiliki 6.480.000 pengguna atau 8 persen dari populasi online-nya dan 0,56 persen populasi penduduknya, di atas Indonesia dengan 6.240.000 pengguna atau 20,8 persen dari populasi online dan 2,60 persen populasi penduduknya.

Melihat data tersebut, Indonesia merupakan negara pengguna Twitter terbesar di antara populasi orang yang menggunakan internet. Sementara Jepang memiliki pengguna Twitter terbanyak di antara populasi penduduknya, atau lebih dari satu pengguna banding 10 penduduk.

Meski demikian, data itu tidak bisa dijadikan acuan yang paling akurat karena disebutkan bahwa comScore tidak menghitung data pengguna dari peranti mobile ataupun kafe internet.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More