blog-indonesia.com

Kamis, 09 September 2010

Lacak, Info Lokasi Berbasis Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Lacak. Inilah layanan mobile terbaru yang dirilis Telkomsel. Memanfaatkan Google Maps, layanan ini menawarkan kemudahan mengetahui lokasi fasilitas-fasilitas umum terdekat dengan lokasinya pada saat itu melalui ponsel.

Lokasi dimaksud antara lain, rumah makan, tempat ibadah, ATM, atau SPBU terdekat ketika dalam perjalanan. Ada sekitar 200 ribu point of interest yang tersedia pada layanan ini.

Menurut Deputy VP Product Lifecycle Management Telkomsel Ririn Widaryani menyebut Telkomsel Lacak merupakan solusi tepat bagi pelanggan yang membutuhkan informasi lokasi secara cepat dan mudah ketika sedang mobile.

''Dengan teknologi Location Based Service, aplikasi Telkomsel Lacak dapat mengetahui posisi kita berada, bahkan ketika GPS (Global Positioning System) sedang tidak aktif. Secara otomatis Telkomsel Lacak memanfaatkan informasi dari BTS (Base Transceiver Station) terdekat,'' kata Ririn.

Telkomsel Lacak memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memudahkan pencarian alamat secara visual. Selain menampilkan lokasi di mana kita berada saat ini, layanan ini juga menampilkan tempat-tempat menarik atau point of interest (POI) di sekitar lokasi kita. Saat ini Telkomsel Lacak menyediakan informasi lebih dari 200.000 POI.

Khusus untuk ponsel Android, Telkomsel Lacak juga dapat diunduh di Android Market pada menu Lifestyle. Setelah proses pengunduhan, selanjutnya pilih paket harian Rp 1.000 per hari atau paket mingguan Rp 5.000 untuk pemakaian 7 hari. Biaya tersebut sudah termasuk unlimited layanan data untuk mengakses aplikasi Telkomsel Lacak.

Aplikasi ini bisa diakses dengan menggunakan ponsel bersistem operasi Java, Symbian, Android, dan MTK, seperti: Nokia, Motorola, Sony Ericsson, LG, HTC, Nexus One, Samsung, dan Nexian. ''Ke depannya Telkomsel akan mengembangkan aplikasi Telkomsel Lacak agar dapat digunakan di smartphone lainnya, seperti BlackBerry dan iPhone,'' ujar Ririn.

Telkomsel Lacak merupakan aplikasi pengembangan dari layanan info lokasi yang sebelumnya telah dihadirkan Telkomsel melalui menu browser *250#. Layanan ini berbasis SMS dan MMS. Layanan info lokasi Telkomsel telah digunakan sekitar 4 juta pelanggan.


republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More