blog-indonesia.com

Sabtu, 11 September 2010

Tim Robot ITS Berangkat ke Mesir

SURABAYA--MI: Rektor ITS Surabaya Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD, Selasa (7/9), melepas tim robot "Mio rEi" dari PENS-ITS ke laga robot dunia di Mesir pada 19-23 September mendatang.

Pelepasan enam anggota itu ditandai dengan pemakaian kaos tim robot "Mio rEi" oleh rektor yang disaksikan Direktur Litbang dan Operasional PT Semen Gresik Tbk, Ir Suharto MM, selaku sponsor utama tim.

"Robotnya sudah dikirim sebulan lalu, sedangkan tim robot yang berjumlah enam orang akan berangkat pada 17 September, tapi dilepas sekarang menjelang liburan Idul Fitri," kata Direktur PENS-ITS, Dadet Pramadihanto.

Dalam laporannya, ia mengatakan tim robot dari PENS-ITS sudah 12 kali mengikuti kontes robot tingkat nasional dan sembilan kali di tingkat internasional.

"Dalam 12 kali kontes robot nasional itu, tim PENS-ITS selalu juara, sedangkan sembilan kali di kontes robot dunia pernah sekali meraih juara dunia pada tahun 2001 dan 'runner up' di India pada 2008," katanya.

Tahun 2004, tim PENS-ITS meraih "Konawi Awards" dan tahun 2005 meraih "Best Design". "Untuk kontes robot di Mesir, tim robot Mio rEi sudah melakukan modifikasi, sehingga kecepatannya meningkat," katanya.

Dalam sambutannya, Rektor ITS Prof Priyo Suprobo menargetkan tim robot "Mio rEi" menjadi juara dunia dalam kontes robot tingkat dunia di Mesir.

"Kalau di India sudah bisa runner up, maka di Mesir seharusnya juara dunia. Selama ini, PENS-ITS sudah menjadi 'kiblat' robotika di Indonesia, karena itu tim robot PENS-ITS harus mentradisikasikan juara di tingkat dunia," katanya.

Tim "Mio rEi" beranggotakan enam mahasiswa yakni Bayu Sandi Martha, Muh Ali Anang Lubis, Rahardhita Widyatra Sudibyo, Zainul Arifin, Putus Dadar Gumilang, dan Aditya Sarjono.(Ant/OL-9)


mediaindonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More