blog-indonesia.com

Jumat, 22 Oktober 2010

ICBC Siapkan Dana

Beijing, Kompas - Pemerintah China melalui Industrial and Commercial Bank of China menyiapkan dukungan dana 250 juta dollar AS bagi peningkatan kerja sama perdagangan, investasi, dan pembiayaan sektor keuangan Indonesia dan China.

Dana itu disiapkan untuk fasilitas pembiayaan perdagangan produk mekanikal, elektronik, teknologi dan energi, serta bahan baku.

Selain itu juga untuk fasilitas pembiayaan bagi proyek infrastruktur, konstruksi, pengembangan usaha kecil menengah, penyediaan pinjaman untuk proyek yang terkait kerja sama China-Indonesia, serta penyediaan pinjaman bagi importir China yang akan membeli produk Indonesia dan penjaminan asuransi proyek kedua negara.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Direktur dan Direktur Eksekutif Bank Ekspor Impor Indonesia I Made Gde Erata seusai penandatanganan kesepakatan kerja sama bagi peningkatan perdagangan, investasi, dan keuangan dengan Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) di Balai Agung Rakyat China, Beijing, Rabu (20/10).

Penandatanganan disaksikan Wakil Presiden Boediono dan Wapres China Xi Jinping. Sebelumnya, Wapres Boediono juga bertemu dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao.

”Alokasi dana 250 juta dollar AS merupakan tahap kedua setelah penandatanganan perjanjian tahap pertama dengan ICBC sebesar 100 juta dollar AS belum lama ini,” ujar Erata.

Wapres Boediono mengaku, volume perdagangan Indonesia terhadap China meningkat pasca-berlakunya Kawasan Perdagangan Bebas China-Asean (CAFTA) awal tahun ini.

Menurut Xi Jinping, volume perdagangan China-Indonesia naik 59 persen menjadi 26,7 miliar dollar AS pada Januari-Agustus 2010. ”Ini menunjukkan momentum yang kuat China dan Indonesia,” ujarnya.(Suhartono, dari Beijing, China)


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More