blog-indonesia.com

Selasa, 26 Oktober 2010

IT Telkom Gelar Konferensi Telekomunikasi Internasional

Bandung (ANTARA News) - Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) akan menggelar konferensi telekomunikasi internasional (International Conference on Telecommunication (ICTEL) 2010 selama dua hari, Rabu-Kamis (27-28/10) di Savoy Homann, dengan kehadiran sejumlah praktisi telekomunikasi dari dalam negeri maupun mancanegara.

Penyelenggaraan ICTEL yang ke-6 kali ini akan mengangkat tema "The Balance Improvement on Quality of Infrastructure and Information for The Convergence of ICT", yang akan diisi oleh presentasi dari praktisi dan akademisi Teknologi Informasi dan telekomunikasi dari Universitas Putra Malaysia M Iqbal Syarifan, praktisi TIK perwakilan PT. Telkom, Mustapa Wangsaatmadja, ZTE Gandeva Bayu Satrya, serta beberapa praktisi ICT dari kalangan industri telekomunikasi tanah air.

"Dalam konferensi ini akan dibahas segala sesuatu mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) masa depan, dan TIK di era konvergensi yang membutuhkan keseimbangan antara peningkatan kualitas infrastruktur dan arus informasi," kata Akademisi IT Telkom sekaligus Ketua Pelaksana ICTel 2010 Indra Chandra, di IT Telkom, Selasa.

Ditambahkan Indra, kemampuan TIK dalam mengolah dan mengkomunikasikan informasi, mendorong jejaring ini bergerak sangat luas dan mudah diterima oleh khalayak, sehingga akhirnya mampu menerobos sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Indra menyebutkan, kebutuhan bandwith dan sumber daya TIK di era konvergensi akan semakin besar lantaran desakan dari pertumbuhan industri informasi yang sedianya didukung oleh infrastruktur yang memadai.

"Selain mengulas perkembangan riset TIK terkini, ICTEL Plenary Session mengangkat wancana tentang standar teknologi dan infrastruktur TIK yang diperlukan suatu negara, juga menampilkan presentasi paper para akademisi dan peneliti dalam rangkaian acara Call for Paper yang melingkupi materi relevan juga juga diperbincangkan dalam Industrial Meeting ICTEL 2010, sekaligus mewadahi kalangan akademisi, industri dan pemerintah untuk berbagi ilmu dan pengalaman," tambahnya.

Dikatakannya, ICTEL merupakan konferensi tahunan, yang pertama kali diselenggarakan di tahun 2005 dengan agenda pertemuan antara peneliti, akademisi, pelaku bisnis telekomunikasi, pembuat kebijaksanaan, serta pengguna telekomunikasi.

Di tengah pesatnya perkembangan ICT lanjut Indra, konferensi ini penting, mengingat perkembangan tersebut diikuti dengan perkembangan aplikasi teknologi yang cepat pula, sehingga ICTEL 2010 memberikan kesadaran akan dunia penelitian dan teknologi yang mempunyai jarak sangat dekat.

"Pengembangan ICT membutuhkan kontribusi konkrit dan ide-ide kreatif dari berbagai pihak. Mencakup regulasi, bisnis, layanan, konten, jaringan, teknologi dan perangkat infrastruktur ICT, karena itu ICTEL 2010 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap dunia ilmu pengetahuan dan konvergensi TIK di masa depan, demikian diterangkan Indra. (ANT/K004)



ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More