blog-indonesia.com

Rabu, 27 Oktober 2010

Jaringan Telco di Mentawai - Merapi Aman

Dua BTS di Siberut Utara dan Tua Pejat sempat terkendala pasokan listrik dan bahan bakar.

Wedus Gembel saat letusan Gunung Merapi tahun 2006 (www.volcanodiscovery.com)

VIVAnews - Indonesia baru saja diguncang bencana alam bertubi-tubi. Penduduk di dua wilayah, termasuk di Pulau Mentawai-Sumatera Barat dan sekitar wilayah Gunung Merapi, menjadi korbannya.

Jaringan operator telekomunikasi yang sempat terputus di Mentawai mulai membaik. Begitu pula di kawasan Merapi. Telkomsel, Telkom, dan XL telah memberikan konfirmasinya melalui keterangan resmi.

Di Pulau Mentawai-Sumater Barat, Telkomsel menjadi satu-satunya operator yang melayani wilayah tersebut dengan infrastruktur lima BTS (base transceiver station).

"Dua BTS di Siberut Utara dan Tua Pejat sempat terkendala pasokan listrik dan bahan bakar. Tapi, kini kelima BTS sudah dalam kondisi baik dan beroperasi normal. Trafiknya sempat melonjak hingga 80 persen," kata Ricardo Indra, GM Corporate Communications Telkomsel, dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Rabu 27 Oktober 2010.

Sedangkan di wilayah letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, terdapat 30 BTS milik Telkomsel yang berada pada radius 20 kilometer dari Merai. Dari jumlah tersebut, dilaporkan tidak ada BTS yang mengalami gangguan.

Anak perusahaan Telkom Group ini melalui tim Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) juga membuka posko pelayanan di sekitar lokasi bencana dan titik pengungsian Mentawai dan Merapi.

Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan donasi kepada para korban bencana alam di Mentawai dan Merapi dapat mengakses *811# atau SMS donasi, cukup ketik DONASI lalu kirim ke nomor 5000.

Hal serupa juga dilakukan induk perusahaan Telkom yang mengoperasikan Posko Tanggap Bencana Merapi di lokasi-lokasi pengungsian seperti di Turi, Muntilan dan Glagaharjo Kaliadem Cangkringan. Masyarakat maupun petugas bisa memanfaatkan sarana telekomunikasi yang tersedia di Posko tersebut.

Sementara untuk membantu menanggulangi bencana gempa dan tsunami di Pulau Mentawai, perusahaan juga mendirikan Posko Telkom Peduli bertempat di kantor Telkom Tua Pejat yang berlokasi di dekat kantor bupati Mentawai.

"Jajaran Telkom di Mentawai, Sumatera Barat, dan Yogyakarta yang terkena langsung dampak bencana tersebut diminta meningkatkan kesiagaan agar fasilitas telekomunikasi tidak mengalami gangguan," kata Eddy Kurnia, Vice President Public and Marketing Communication Telkom.

Selain Telkomsel dan Telkom, PT XL Axiata Tbk (XL) juga turut menyediakan fasilitas telepon umum gratis dan bantuan logistik ke lokasi pengungsian di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diketahui terdapat 17 BTS XL (2G/3G) yang berdiri di sekitar Gunung Merapi. Sementara di seluruh Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat 2.408 BTS (2G/3G) yang melayani sekitar tujuh juta pelanggan. (umi)



VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More