blog-indonesia.com

Kamis, 28 Oktober 2010

Jepang Berminat Bangun Pabrik Pengalengan Ikan

MI/Usman Iskandar/vg

KOTABARU--MICOM: Investor asal Jepang berminat membangun pabrik pengalengan ikan di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Calon investor telah melakukan survei ke para nelayan yang akan menjadi mitra kerjanya yang tersebar di Kotabaru.

"Bahkan calon investor itu berencana memberikan bantuan kapal khusus untuk mengumpulkan ikan hasil tangkapan kepada nelayan," kata Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, Rabu (27/10).

Ikan yang akan dijadikan bahan baku, di antaranya cakalang dan timbang. Soalnya, dua jenis ikan tersebut cukup melimpah dan harganya murah.

"Jika cakalang dan timbang itu dijual dengan tanpa sentuhan tangan terampil dan teknologi, mungkin harganya sangat murah. Namun, setelah dikemas dalam kaleng dan dijual ke luar negeri harganya akan berlipat ganda," ujar dia.

Selain pengalengan ikan, calon investor itu juga berminat untuk berbisnis kerang (tembayangan), karena Kotabaru juga sebagai penghasil kerang/tembayangan. Kerang tembayangan merupakan salah satu hewan yang hidup di lautan yang padat protein dan digemari oleh masyarakat Jepang dan negara-negara di Asia. (Ant/OL-5)



MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More