blog-indonesia.com

Jumat, 24 Desember 2010

IPB Kembangkan Vaksin Brucella

BOGOR--MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) sedang mengembangkan vaksin yang dinilai bermanfaat bagi bibit penyakit yang dimasukkan ke dalam tubuh dengan tujuan tubuh mampu meresponsnya dalam bentuk imunitas atau kekebalan.

Salah satu vaksin yang tengah menjadi incaran para peneliti adalah Vaksin Brucella. Vaksin ini dinilai bisa mencegah penyakit Brucellosis yang menyerang hewan ternak.

Pernyataan itu dikatakan Rahmat Hidayat, seorang dokter hewan, peneliti vaksin Bagian Mikrobiologi Medik Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Rabu (22/12), yang mengembangkan penelitian untuk mendapatkan vaksin alternatif Brucella.

Menurut dia, vaksin Brucella sangat ampuh mencegah penyakit Brucellosis yang menyerang sapi, kambing, babi, dan berbagai hewan lainnya, serta manusia. Brucellosis pada sapi di Indonesia telah menyebar di 26 provinsi dengan kerugian ekonomi mencapai Rp138,5 miliar/tahun akibat keguguran, kematian pedet, sterilitas, infertilitas, serta penurunan produksi dan kualitas susu.

Sumber penularan yang potensial dari hewan ke manusia adalah sapi. Pada sapi perah susu dapat menularkan penyakit pada manusia jika tidak mengalami pasteurisasi.

"Brucella sp dapat menembus kulit, konjungtiva, dan saluran pencernaan. Pada sapi penularannya terjadi per oral. Sapi yang mengalami keguguran oleh brucellosis mengeluarkan bakteri B. abortus dalam jumlah besar melalui membran fetus, cairan reproduksi, urine dan feses. Bahan-bahan tersebut akan mencemari rumput dan air minum," katanya. (Ant/OL-5)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More