blog-indonesia.com

Jumat, 31 Desember 2010

Meluas, Penggunaan Nuklir untuk Tujuan Damai

JAKARTA (Pos Kota) – Tanpa disadari ternyata penggunaan teknologi nuklir di masyarakat untuk tujuan damai sudah sangat luas. Terutama penggunaan untuk bidang kesehatan, perindustrian dan pertanian.

“Banyak hasil penelitian dan pengembangan Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi (PATIR) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Deputi Kepala Batan Taswanda Taryo didampingi Kepala Patir Batan Zainal Abidin di sela-sela HUT ke-44 Patir Batan, Kamis (30/12).

Dijelaskan Taswanda, kontribusi PATIR BATAN sampai saat ini sudah cukup banyak dimasyarakat. Yang terbaru selain untuk bidang kesehatan diantaranya adalah adanya program food security (ketahanan pangan) dengan mengeluarkan varietas unggul hasil mutasi radiasi.

Diharapkan juga PATIR dapat mendukung kegiatan sosialisasi PLTN di berbagai daerah sesuai amanah dari Inpres No.1 tahun 2010. Melalui penelitian yang dilakukan PATIR, BATAN diharapkan mampu memenuhi permintaan kebutuhan masyarakat daerah seperti Bangka Belitung (Babel).

Masyarakat di wilayah ini meminta BATAN juga melakukan penelitian terkait varietas lokal, pemanfaatan kembali lahan bekas tambang timah dan penanggulangan penyakit malaria.

Disebutkan juga Patir menargetkan 18 varietas baru harus sudah bisa dirilis pada tahun 2011 nanti, seperti galur mutan harapan turunan varietas Diah Suci serta tanaman sorgum.

Selain itu kerja sama PATIR dengan pihak industri dan UKM diharapkan meningkat di tahun-tahun mendatang. UKM dapat memanfaatkan fasilitas iradiator dengan harga yang lebih terjangkau. (faisal/dms)


Poskota

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More