blog-indonesia.com

Rabu, 23 Maret 2011

50% Data Telkomsel Kontribusi Pengguna Jabotabek

JAKARTA - Telkomsel percaya bahwa industri kini telah memasuki layanan mobile lifestyle dimana kebutuhan pelanggan akan layanan data semakin tinggi khususnya di ibukota.

Daerah ibukota merupakan wilayah yang masuk cakupan Telkomsel Area II, yang terdiri dari wilayah Jabodetabek Jabar. Area ini pun mengupayakan peningkatan penggunaan layanan data melalui penambahan infrastruktur.

"Saat ini infrastruktur BTS 3G atau node B Telkomsel di Area II telah mencapai 2.500 unit. Tahun ini kami tambah lagi menjadi 500 unit menjadi 3.000 unit. Total jumlah BTS 3G di seluruh wilayah cakupan Telkomsel sendiri sekira 8.000 unit saat ini," ujar Venusiana Papasi, Vice President Telkomsel Area II

Dalam data yang diterima Okezone, Rabu (23/3/2011), keseriusan Telkomsel di ranah Broadband ini juga dibuktikan dengan alokasi Capex 2011 untuk broadband yang sebesar 60 persen. Total pengguna data Telkomsel sendiri telah mencapai 24 juta pelanggan. Dari angka tersebut, dikatakan Venusiana, sekira 50 persennya berasal dr pengguna data di Area II. Total pelanggan di Area II sendiri saat ini telah mencapai 23 juta dengan sekira 14 persennya berasal dari Jabodetabek saja.

"Kami memang fokus pada broadband, namun tidak melupakan juga peningkatan di infrastruktur 2G-nya. Tahun ini ada penambahan sekira 200 unit BTS di Jabotabek Jabar, meski BTS tersebut kami fokuskan untuk Voice saja," ujar Venusiana.

Selain itu komitmen untuk memberikan pelayanan data tidak hanya melalui peningkatan jaringan tapi juga berbagai produk dan device terkini, serta paket-paket internet murah mulai dari Rp 5.000 perhari. Respon positif dari pelanggan juga terlihat dari pertumbuhan pelanggan layanan data khususnya di Jabotabek Jabar yang pemakaiannya (usage) meningkat sekitar 300 persen dibanding tahun lalu, dengan daily payload mencapai 18 Terra Byte.

Selain coverage jaringan 3G yang hadir di 170 kota dan HSDPA/HSPA/HSPA+ di 25 kota, Telkomsel merupakan operator pertama di dunia yang meluncurkan solusi End to End Quality of Service untuk layanan data di jaringan 3G/HSDPA/HSPA/HSPA+. Dengan solusi ini, pelanggan kartuHALO memiliki privilege kecepatan akses dan prioritas lebih tinggi di jaringan data.

"Lebih dari itu Telkomsel merupakan operator pertama di Indonesia yang meluncurkan teknologi HSPA+ 21 Mbps secara live di network, bukan di laboratorium uji coba," tambahnya.

Dalam hal kenyamanan komunikasi pelanggan saat berada di luar negeri juga tetap terjamin karena Telkomsel telah bermitra dengan lebih dari 235 mitra data roaming di 119 negara di seluruh belahan dunia serta menyediakan bandwith internasional 11 GBps

Coverage yang luas serta kualitas jaringan yang baik menjadi esensial dalam hal penggunaan device dan smartphone mobile lifestyle terkini, contohnya: iPhone 4, iPad, dan Android, karena secara prinsip, mobile device tersebut akan terasa manfaat atau kehebatan fitur dan aplikasinya setelah terhubung ke internet khususnya broadband. Jadi apapun devicenya pastikan memilih operator dengan coverage dan kualitas jaringan yang baik, tegas Venusiana.

Telah menjadi nature di industri berbasis teknologi khususnya selular bahwa bahwa ibukota merupakan epidemik dari produk maupun layanan terkini. Sebagai contoh pengguna iPhone Telkomsel di Jabotabek Jabar saja mencapai 60.000, sedangkan secara nasional tercatat 120.000. Untuk pengguna tablet iPad di Jabotabek Jabar mencapai 8.700 dan 14.500 nasional, sedangkan smartphone Android di Jabotabek Jabar tercatat 25.700 dan 60.500 nasional.

"Khusus untuk pengguna layanan BlackBerry yang berjumlah 700.000 di Jabotabek Jabar dan 1,4 juta nasional, kami telah meningkatkan kenyamanan akses dengan memperbesar kapasitas bandwidth layanan BlackBerry-nya ke server milik Research In Motion dari 1.2GBps menjadi 1.4 GBps," papar Venusiana.(tyo)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More