blog-indonesia.com

Jumat, 18 Maret 2011

Ilmuwan IPB: Minyak Sawit Merah Miliki Kandungan Provitamin A Tinggi

Minyak Sawit Mentah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Dr Ir Sam Herodian, MSi mengemukakan, berdasarkan penelitian pihaknya, minyak sawit merah, secara alamiha mengandung provitamin A dan vitamin E yang sangat tinggi.

"Produk dari minyak sawit merah (MSM) dengan kandungan provitamin A dan vitamin E yang tinggi itu juga dapat diproduksi dengan harga sangat murah," katanya usai penandatanganan kerja sama dengan pihak swasta, terkait dengan penelitian memanfaatkan MSM sebagai sumber vitamin di Kampus IPB Darmaga, Kamis sore.

Ia menjelaskan, sebuah tim peneliti yang dipimpin Prof Fransiska R Zakaria dari Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), telah melaksanakan penelitian program SawitA, meliputi pembuatan produk baru berbasis MSM, yang secara alamiah mengandung vitamin A dan E dimaksud. Produk yang disajikan ada empat macam, yaitu SawitA manis, SawitA murni, SawitA bumbu, dan SawitA kapsul.

Ia menjelaskan, pembagian produk akan disertai dengan penyuluhan, evaluasi dan monitoring, serta pengambilan darah pada 10 persen responden dewasa untuk mengevaluasi manfaat konsumsi produk-produk SawitA.

Pelaksanaan program SawitA, katanya, akan dilakukan oleh fasilitator yaitu mahasiswa S1, S2 dan S3 IPB yang direkrut dan dilatih untuk dapat melaksanakan program kepada responden dari keluarga prasejahtera di desa-desa.

Dikemukakannya bahwa pada tahap pertama, Kabupaten Bogor yang akan mendapat giliran pertama dengan jumlah responden sebanyak 2.500 orang.

Selanjutnya, kata dia, program itu direncakanan akan diteruskan ke kabupaten lain dengan sistem yang sama di seluruh Indonesia.

Sementara itu, peneliti Fateta IPB Fransiska R Zakaria mengemukakan bahwa jika dihitung nilai ekonomi vitamin A dalam minyak sawit dibandingkan dengan produk lain, maka terlihat nilai vitamin A dalam minyak sawit merupakan yang termurah dibandingkan dengan komoditas lain. "Termasuk vitamin A sintetik atau retinol," katanya.

Ia kemudian merujuk pada perbandingan di mana jenis produk 1 liter minyak sawit merah dengan harga Rp10 ribu untuk kebutuhan vitamin A (900 mcg/microgram) orang dewasa per hari, didapat harga Rp15/1,5
mililiter.

Sedangkan 1 kg wortel dengan harga Rp5.000, didapat harga Rp 250/50 gram, 1 liter minyak buah merah seharga Rp 500.000, didapatkan harga Rp 750/1,5 mililiter.

Sementara, untuk retinol sintetik dengan harga Rp 0,13/mcg, didapatkan harga Rp 1.170. "Dengan perbandingan itu, maka sumber vitamin A dari minyak sawit merah adalah yang termurah," katanya.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More