blog-indonesia.com

Minggu, 29 Mei 2011

UNY Gelar Kontes Robot

YOGYAKARTA--MICOM: Lebih dari 50 robot karya para mahasiswa dari 17 PTS
dan enam PTN se-Jawa Tengah dan DIY, Sabtu (28/5), berlaga di Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI) Regional III di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Ketua Umum Panitia KRI dan KCRI REgional III Pramudi Utomo kepada Media Indonesia, mengatakan dalam pertandingan kali ini ada empat jenis kompetisi robot yaitu KRI, KCRI Beroda, KCRI Berkaki dan KCRI Battle.

"Pesertanya ada 54 kelompok, yakni KRI diikuti 12 tim dari lima PTN dan tujuh PTS, KCRI Beroda diikuti 20 tim dari enam PTN dan 14 PTS, KCRI Berkaki diikuti 15 tim dari tiga PTN dan 12 PTS serta KCRI Battle diikuti tujuh tim, dua dari PTN dan lima dari PTN," katanya.

Ia mengemukakan, lomba sejenis ini merupakan lomba yang sangat bergengsi karena akan mengadu kemampuan penguasaan Ilmu Robotika di kalangan mahasiswa.

Pramudi Utomo menambahkan, sebelum bisa berlaga di Yogyakarta, masing-masing tim harus lolos pada tingkat proposal, pengiriman video robot yang akan dipertandingkan dan setelah lolos baru mendapat undangan untuk berlaga di Yogyakarta.

Minat mahasiswa untuk menekuni robotika ini cukup tinggi. Menurut dia, kemampuan mahasiswa Indonesia di bidang ini juga sangat mengagumkan terbukti dengan kemampuan mereka memenangi berbagai lomba di tingkat internasional.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Rochmat Wahab dalam
pidatonya mengatakan, lomba ini menunjukkan penguasaan cabang ilmu tidak
hanya pada tataran teoritika saja tetapi juga pada tataran implementasi dan praktik.

Menurut Rektor, melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu diharapkan nantinya bisa berkembang dan dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat. (AU/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More