blog-indonesia.com

Senin, 27 Juni 2011

LAPAN: Asteroid 2011 MD Tidak Bahayakan Satelit

Asteroid 2011 MD

JAKARTA
- Pihak Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) mengatakan bahwa asteroid 2011 MD yang akan melintasi Bumi malam ini tidak akan membahayakan satelit-satelit komunikasi.

Asteroid 2011 MD akan melintasi Bumi tengah malam ini, dengan jarak sekira 12 ribu kilometer. Seperti yang kita ketahui ketinggian tersebut adalah jarak yang biasa digunakan oleh satelit-satelit komunikasi, namun LAPAN mengatakan bahwa kecil kemungkinan asteroid tersebut akan menabrak satelit komunikasi.

"Asteroid 2011 MD tidak akan berdampak pada satelit-satelit komunikasi di ketinggian tersebut," ujar Profesor Dr Thomas Djamaluddin, pakar Astronomi dan Astrofisika dari LAPAN, di Jakarta, Senin (27/6/2011).

Thomas menjelaskan bahwa tiap jenis satelit memiliki ketinggian tertentu, berdasarkan kemampuannya masing-masing. "Seperti contoh, satelit Geo-Stationary Earth Orbit (GSO) berada di ketinggian 36 ribu km, satelit Global Positioning System (GPS) di ketinggian 18 ribu km, dan satelit penginderaan jarak jauh serta eksperimen berada di ketinggian 1000 meter," jelasnya.

"Sementara untuk ketinggian 12 ribu km, sangat jarang ada satelit di sana," tambah Thomas.

Thomas memaparkan bahwa semua satelit komunikasi dari seluruh dunia ditempatkan di sepanjang wilayah ekuator dengan tingkat ketinggian yang bervariasi. "Hal ini dilakukan agar orbit tiap-tiap satelit tetatp posisinya," jelasnya.

"Asteroid 2011 MD memang akan melewati wilayah ekuator, namun dengan ketinggian tersebut tidak akan membahayakan bagi satelit-satelit komunikasi. "Sangat kecil kemungkinannya," imbuhnya.

Thomas menyimpulkan bahwa kasus seperti ini harusnya juga menjadi perhatian dari para pihak yang berhubungan dengan dunia satelit komunikasi.(ATA)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More