blog-indonesia.com

Jumat, 17 Juni 2011

Telkom Belajar Online Market dari eBay

Indra Utoyo (Ist.)

Keberhasilan eBay dalam menciptakan online market di internet dengan transaksi jutaan per hari menggugah minat Telkom untuk mengikuti jejaknya.

"Kami sedang belajar dari eBay. Masih penjajakan untuk kerja sama membangun online market di Indonesia," kata CIO Telkom Indra Utoyo kepada media di Gedung Multimedia Telkom, Jakarta, Kamis (16/7/2011).

Nantinya, Telkom akan memposisikan Plasa.com layaknya eBay sebagai tempat jual beli online dengan metode pembayaran melalui Delima (delivery money access) seperti PayPal. "Detailnya belum bisa kami ungkapkan. Namun arahnya pasti ke sana," kata Indra.

Lewat Delima, Telkom juga mulai merambah bisnis pengiriman uang (remmitance). Investasi yang dikeluarkan untuk membesut layanan ini sekitar Rp 15-20 miliar.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah sebelumnya menjelaskan, bisnis pengiriman di Indonesia lumayan besar nilainya. Diperkirakan dari luar negeri ada uang sebesar Rp 154 triliun yang dikirimkan masuk ke negeri ini.

Sedangkan untuk transaksi di dalam negeri yang dikirimkan mencapai USD 1,4 miliar. Semua itu terjadi melalui 300 juta transaksi setiap tahunnya.

"Kami mengharapkan dalam waktu tiga tahun pertama akan ada 20% dari 300 juta transaksi itu yang menggunakan Delima. Hal ini agar dalam jangka waktu tiga-empat tahun investasi yang ditanamkan untuk Delima bisa kembali," jelasnya.

Untuk menjalankan bisnis pengiriman ini, Telkom dibantu oleh beberapa bank besar dalam settlement seperti Bank Mandiri dan BNI.

"Di tahun pertama kami mengharapkan ada sekitar 5-6 juta transaksi melalui Delima dengan dukungan cash point sekitar 1.700 titik. Kami sedang mengupayakan agar cash point-nya terus ditambah, tidak hanya agent to agent, tapi juga untuk transaksi ritel perorangan," jelas Indra.

Telkom menjalankan bisnis remmitance menyusul Indosat dan XL Axiata yang sebelumnya telah mengantongi izin Kegiatan Usaha Pengiriman Uang (KUPU) dari Bank Indonesia. Anak usaha Telkom, Telkomsel, pada tahun lalu juga mengantongi izin KUPU dan telah menjalankan bisnis mobile remmitance.( rou / ash )


detikInet

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More