blog-indonesia.com

Jumat, 22 Juli 2011

Hemat Daya Signifikan dengan BTS Modern

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA-Ilustrasi

SHENZHEN, KOMPAS.com - Infrastruktur telekomunikasi seluler masa depan membutuhkan daya yang jauh lebih kecil daripada yang dipakai sekarang. Hal itu karena BTS (base transceiver station) modern yang menjadi tulang punggung layanan ini lebih efisien dalam penggunaan energi.

"Telkomsel akan meremajakan seluruh infrastruktur jaringannya dengan teknologi BTS terbaru. Secara bertahap kami menggunakannya mulai tahun ini sebagai bagian dari strategic planning jaringan.
-- Pratignyo Arif Budiman"

Hal tersebut dikatakan Pratignyo Arif Budiman, GM Strategic Technology Planning Telkomsel di sela-sela kunjungan rombongan jurnalis dari Indonesia ke kantor pusat Huawei di Shenzhen, Jumat (22/7/2011).

Ia mengatakan, Telkomsel akan meremajakan seluruh infrastruktur jaringannya dengan teknologi BTS terbaru tersebut. "Secara bertahap kita sudah mulai menggunakannya mulai tahun ini sebagai bagian dari strategic planning jaringan kita," kata Pratignyo.

Peremajaan tersebut dilakukan mulai dari BTS-BTS lama yang sudah waktunya diganti. BTS modern seperti yang didemokan Huawei di Gedung R&D Center Huawai, menggunakan komponen-komponen elektronika terbaru yang membutuhkan daya jauh lebih kecil daripada BTS sebelumnya. Daya yang dibutuhkan BTS dengan teknologi baru bisa 70 persen lebih kecil. (Ambrosius Harto, wartawan KOMPAS melaporkan dari Shenzhen, China)


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More