blog-indonesia.com

Senin, 19 September 2011

Cipaot, Panci Gaya Baru untuk Para Ibu

Black Innovation Award 2011

BIA 2011-Cipaot, panci yang memudahkan pemasaknya mengaduk secara otomatis.


KOMPAS.com
- Sastika Puspa, salah satu dari 20 finalis Djarum Black Innovation Award (BIA) 2011 menciptakan produk untuk meringankan tugas ibu dalam memasak. Ia menciptakan Cipaot, panci gaya baru yang merupakan kependekan dari CI Panci Aduk OTomatis.

"Ini berangkat dari pengalaman saya membantu ibu saat memasak. Saya harus mengaduk lama, ini capek dan enggak efektif. Lalu saya berpikir, kenapa nggak ada produk panci dengan pengaduk otomatis sehingga lebih praktis," terang Sastika.

CIPAOT memiliki tutup panci transparan. Pada tutup panci itu, terdapat bagian yang berfungsi untuk memutar pengaduk. Bagian itu akan bekerja dengan sumber daya listrik dan bisa dikontrol oleh tombol on-off yang juga ada di tutup panci.

"Kecepatan dan ketinggian pengaduk juga bisa diatur, kaena setiap masakan kan punya karakteristik sendiri," kata Sastika. Ia mencontohkan, untuk masakan bersantan misalnya, pengadukan harus dilakukan dengan stabil, pelan dan di atas permukaan.

Sastika yang juga mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta mengatakan, CIPAOT akan membantu para ibu untuk bekerja multitasking. Dengan pengaduk otomatis, para ibu bisa memasak sambil mengerjakan tugas rumah tangga lain yang masih menumpuk.

"Saya harap produk ini bisa membantu orang banyak nantinya, terutama ibu rumah tangga," ungkap Sastika. Ia punya keyakinan, produk inovasinya bisa diproduksi secara massal sehingga manfaatnya bisa dirasakan banyak pihak.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More