blog-indonesia.com

Selasa, 27 September 2011

Indonesia Connected Jangkau 27 Provinsi

PROGRAM Indonesia Connected kini telah menjangkau 27 provinsi. Seluruh wilayah tersebut tersambung jaringan broadband palapa ring project.

"Saat ini masih ada sisa enam provinsi yang belum tersambung. Kami berharap semua itu bisa diselesaikan pada 2012," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di sela-sela pembukaan 1st ICT USO Expo and Conference di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Senin (26/9).

Menurut dia, jika seluruh provinsi telah terlayani program Indonesia Connected, pihaknya akan melanjutkan dengan program Indonesia Broadband pada 2016 dan Indonesia Digital pada 2018.

"Kami juga menargetkan pada akhir 2011 seluruh desa di Indonesia sudah memiliki akses terhadap informasi. Hal itu sebagai bentuk langkah awal menuju target Indonesia Connected pada 2012," katanya.

Ia mengatakan, target terkoneksinya seluruh desa di Indonesia tersebut akan ditempuh dengan menyediakan akses informasi bagi 32.800 desa dari total 372 ribu desa hingga akhir Desember 2011. Sisanya telah dibangun oleh pihak swasta.

"Selain memberikan akses informasi di desa-desa, di seluruh ibu kota kecamatan juga akan diberikan akses internet," katanya.

Menurut dia, hingga akhir Desember tahun ini ditargetkan 5.874 ibu kota kecamatan di Indonesia bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

Selain itu, juga akan disediakan sekitar 1.900 pusat layanan internet mobile di kecamatan yang masing-masing memiliki tiga layanan internet, televisi, dan telepon.

"Internet mobile itu akan memberikan akses khusus pada daerah yang kelurahan atau sekolahnya jauh dari ibu kota kecamatan, sehingga mereka tetap dapat terkoneksi dengan layanan internet tersebut," katanya. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More