blog-indonesia.com

Senin, 19 September 2011

Lampung akan peroleh 100 unit mobil internet

Menteri Telekomunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring (FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra )

Bandarlampung (ANTARA News) - Provinsi Lampung akan menerima sebanyak 100 unit kendaraan atau mobil yang mendukung akses internet guna menunjang dan mempermudah masyarakat daerah itu mendapatkan informasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan di Bandarlampung Minggu, sebanyak 100 unit mobil internet telah dipersiapkan untuk mempermudah akses informasi dan teknologi bagi masyarakat.

Menurut dia, bantuan mobil pusat pelayanan internet keliling itu merupakan program dari Kementerian Kominfo, dan semua daerah di Indonesia akan mendapatkan bantuan tersebut.

"Soal jumlah pastinya saya lupa, tetapi yang jelas ada sekitar ratusan unit untuk Provinsi Lampung yang diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang masih ada di lingkungan perdesaan," kata dia.

Dia menjelaskan, mobil pusat pelayanan internet keliling itu merupakan mobil yang dilengkapi fasilitas internet seperti server, televisi, telepon, dan komputer.

Mobil itu diperuntukkan bagi daerah yang belum bisa atau memiliki keterbatasan dalam mengakses internet.

"Mobil-mobil berjenis Izusu Panther atau Inova tersebut akan dimodifikasi sedemikian hingga agar dapat dimanfaatkan guna mengakses internet dalam pencarian informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di daerah-daerah terbatas akses internet," katanya.

Ia berharap keberadaan mobil internet dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan peruntukkannya dapat disesuaikan dengan daerah-daerah tersebut sehingga pemanfaatannya dapat merata bagi daerah terpencil.

Menkominfo juga mengatakan bahwa realisasi program desa berdering untuk wilayah Sumatera secara nasional akan selesai akhir 2011.

"Dari 72 ribu desa se-Indonesia, yang sudah terlaksana program itu teralisasi sebanyak 32.800 desa, sisanya, akan terselesaikan pada akhir 2011 mendatang," kata dia.

Menurutnya, program tersebut selain melibatkan unsur pemerintah juga melibatkan unsur swasta. Bagi wilayah Sumatera relatif tidak ada masalah, hanya saja seperti wilayah Papua belum bisa terselesaikan pada akhir 2011.

"Banyak kendala untuk wilayah itu seperti faktor cuaca dan jarak tempuh antara satu kecamatan dengan kecamatan lainnya sangat jauh," imbuh dia.

Namun demikian, pihaknya optimistis, program desa berdering untuk wilayah tersebut dapat terealisasi sesuai dengan rencana.

Selain program desa berdering, kementerian itu juga akan merealisasikan desa sadar internet, yakni satu program seluruh perdesaan di Indonesia dapat mengakses internet sehat.

"Ada 5.784 desa yang menjadi bidikan pemerintah sejak 2010 lalu, dan sudah teralisasi 5.300 desa yang mengakses internet," ujar dia. (ANT-050/A035)




ANTARAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More