blog-indonesia.com

Rabu, 28 September 2011

Telkom mulai Bangun Serat Optik Ring VI

JAKARTA--MICOM: PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mulai membangun backbone serat optiK yang menghubungkan Manado, Ternate, Ambon, Fak Fak, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Fak Fak ke Timika pada akhir tahun ini.

Hal ini diungkapkan Direktur Network and Solution Telkom Ermady Dahlan kepada wartawan saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Selasa (27/9).

Ia mengungkapkan proposal pengerjaan proyek ini mencakup teknis pekerjaan, panjang wilayah dan kabel optik yang dibutuhkan, hingga rute yang akan dilalui oleh jaringan tersebut. Setelah difinalisasi, proposal dikirim ke bagian pengadaan dan kemudian dilakukan tender.

"Pembangunannya baru dimulai pada akhir tahun ini, setelah selesai procurement (pengadaan)," ujar Ermady.

Pembangunan jaringan kabel serat optik ini termasuk dalam Ring Kepulauan Maluku dan Papua sepanjang 8.254 kilometer, yang melintasi 51 kabupaten.

Pada 2012, diharapkan proyek ini telah dapat dioperasikan untuk daerah Ternate dan Ambon serta penyelesaian keseluruhan pada 2014. "Saya melihat penyelesaian semuanya ini pada 2013," tuturnya.

Sementara mengenai investasi yang dibenamkan untuk Ring VI, Ermady enggan membeberkannya karena prosesnya akan mengikuti tender. "Investasinya berapa, nanti dulu, kan masih ditender," kilahnya.

Pada 2015, jaringan Nusantara Super Highway akan memiliki panjang tidak kurang dari 47.099 km, membentang dari Sumatera hingga Papua dan meliputi 421 kota/kabupaten atau 85 persen dari kota/kabupaten yang ada. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More