blog-indonesia.com

Sabtu, 22 Oktober 2011

Indosat-Alcatel Lucent Kembangkan ng Connect

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Indosat menggandeng Alcatel Lucent Indonesia untuk bekerja sama menciptakan ekosistem bagi para pengembang aplikasi melalui program 'ng Connect'.

Penandatanganan nota kolaborasi dilakukan di Jakarta, Kamis, oleh President Director & CEO Indosat Harry Sasongko dan President Director Alcatel-Lucent Indonesia Frederic Chapelard.

"Komitmen kami terhadap pengembangan aplikasi diwujudkan melalui Indosat Innovation Lab di Jakarta dan ITB Bandung sebagai wadah para pengembang muda, termasuk mahasiswa untuk berdiskusi, bereksperimen dan mengembangkan aplikasi ciptaan mereka," kata Harry Sasongko.

Sementara program ng Connect adalah global initiative dari Alcatel-Lucent yang didedikasikan untuk menciptakan aplikasi yang siap di jaringan, layanan, konten, dan perangkat untuk jaringan broadband.

Program ng Connect menyatukan infrastruktur, perangkat, aplikasi, perusahaan konten, dan industri/perusahaan pengguna dalam ekosistem end-to-end untuk dapat dengan cepat membuat dan memberikan layanan broadband generasi berikutnya sepertinya nantinya untuk LTE.

Dalam kerja sama strategis itu, sebagai tahap awal, Alcatel-Lucent Indonesia melalui program ng Connect akan memberikan Indosat Innovation Lab akses ke Application Programming Interface (API).

Dalam implementasinya, Alcatel-Lucent akan melatih mahasiswa ITB yang selama ini memanfaatkan Indosat Innovation Lab di Bandung, tentang cara mengakses dan menggunakan API Indosat dalam mengembangkan aplikasi mobile untuk bidang kesehatan.

"Kerja sama strategis dengan Alcatel-Lucent ini diharapkan dapat membantu generasi muda menciptakan dan mengembangkan berbagai aplikasi mobile, sekaligus memberikan akses kepada mereka untuk mendapatkan akses teknologi dan komersial, sehingga inovasi aplikasi mobile mereka pada akhirnya akan memberi manfaat dan dapat dinikmati oleh masyarakat," kata Harry Sasongko.

President Director Alcatel-Lucent Indonesia Frederic Chapelard mengatakan, pihaknya menyambut dengan senang hati kehadiran Indosat sebagai anggota baru dari ng Connect.

"Kolaborasi pertama kita akan fokus pada penciptaan suatu ekosistem yang akan membantu Indosat Innovation Lab di ITB untuk mempercepat perkembangan di bidang layanan kesehatan berbasis mobile-cloud," katanya.

Alcatel-Lucent juga akan menyediakan pelatihan dan membuka akses ke platform API dan fasilitas Lab ng Connect. Dua pihak juga menyatakan bangga bisa bekerja sama dengan mitra internasional seperti Agnity dan mitra lokal seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Fokus kerja sama itu dinilai akan memainkan peran penting dalam pengembangan konten yang sangat berarti untuk layanan broadband nasional di Indonesia.

Melalui kerja sama itu juga, Indosat akan menyediakan akses dan kesempatan berkontribusi pada ekosistem developer aplikasi mobile mulai dari penelitian dan pengembangan, stimulasi inovasi, pembuatan model bisnis dan studi pasar untuk penjualan dan pemasaran.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More