blog-indonesia.com

Senin, 31 Oktober 2011

Telkomsel-On Waves, Layanan "Roaming" di Kapal Pesiar

Kompas.com/Eko Hendrawan-Dirut PT Telkomsel Sarwoto Atmosutarno didampingi CEO On-Wave Constantine Simeonidis meresmikan peluncuran kerjasama jaringan internasional di kapal pesiar Louis Cristal Cruise, yang tengah bersandar di Korakoy Port, Minggu (30/11/2011).

ISTANBUL, KOMPAS.com — Setelah sukses menyediakan layanan telekomunikasi seluler di 15 kapal Pelni, Telkomsel memperluas layanan telekomunikasi di kapal dengan meluncurkan Telkomsel-On Waves. Menggandeng kerja sama dengan operator On Waves yang bermarkas di Islandia, layanan ini ditujukan bagi para pekerja Indonesia di kapal dan rig pengeboran lepas pantai (off share) di seluruh dunia.

Acara peluncuran program baru tersebut dilakukan di kapal pesiar Louis Cristal Cruise yang akan berlayar dari Istanbul-Lavrion-Mykonos-Yunani, Minggu (30/10/2011). Penandatanganan kerja sama dihadiri oleh Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan CEO On Waves Constantin Simeonidis.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula uji coba jaringan yang dilakukan salah seorang pekerja kapal dari Indonesia yang menghubungi keluarganya di Jakarta, Indonesia. Sarwoto mengatakan, kerja sama yang dilakukan dengan operator On Waves merupakan kerja sama strategis yang sangat baik.

"Ini bukan hanya urusan revenue, tapi juga ada social impact yang luar biasa," ujarnya. Yang menarik dari kerja sama ini, lanjut dia, adalah adanya peluang berbagi pengetahuan. "Tentu saja, ada adopsi teknologi sehingga bisa diimplementasikan dalam pengembangan jaringan semacam ini di Tanah Air, mengingat memiliki special area seperti ini. Belajar bagaimana mereka me-manage dan bisa diadopsi di wilayah kita," katanya.

Dari segi bisnis, tentu saja ini menjadi peluang yang sangat potensial untuk dikembangkan. "Bayangkan, sekitar 30.000 warga Indonesia bekerja di kapal-kapal pesiar, komersial, maupun pengeboran minyak di tengah laut yang beroperasi di seluruh dunia," kata dia.

Selama ini, kalaupun mereka bisa berkomunikasi dengan keluarga di kampung halaman, tentu saja harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Melalui kerja sama dengan operator On Waves—operator GSM yang memiliki coverage telekomunikasi di wilayah perairan di lebih 500 kapal yang berlayar di seluruh dunia—pelanggan tak harus direpotkan dengan urusan tarif telepon yang tinggi dan jaringan yang terbatas.

"Ini memungkinkan para pekerja melakukan komunikasi dengan keluarga di mana pun dengan harga terjangkau," jelas Sarwoto.

Dengan menggunakan produk Telkomsel pada jaringan On Waves, pelanggan bisa menelepon ke mana saja di seluruh dunia dengan satu tarif, yakni Rp 9.000 per menit dan Rp 2.000 per SMS. Hingga akhir September 2011, Telkomsel telah menjalin kerja sama roaming dengan 44 operator di 196 negara.

"Ke depan kita masih akan terus memperluas kerja sama ke negara-negara lainnya," ujar Sarwoto.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More