blog-indonesia.com

Sabtu, 31 Desember 2011

Perusahaan TI Asing Siap Berinvestasi di Indonesia

shutterstock - Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah pemerintah berkomitmen akan memberikan insentif pembebasan atau pengurangan pajak penghasilan (tax holiday), banyak perusahaan teknologi informasi(TI) asing yang berminat berinvestasi di Indonesia

Hal ini diutarakan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi. Perusahaan asing yang ingin berinvestasi dalam bidang industri TI di Indonesia antara lain berasal dari Perancis, China, Skandinavia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Nilai investasi itu sendiri senilai 3 miliar dollar AS per tahun. "Seperti perusahaan asal Amerika katanya mau investasi pembuatan radar dan CCB circuit box," katanya, Jumat (30/12/2011).

Budi berjanji akan mengusahakan perusahaan asing itu memperoleh tax holiday bila merealisasikan investasinya di Indonesia. Sebab, dia beralasan investasi ini akan mengurangi ketergantungan industri dalam negeri terhadap impor.

Selama ini, dia mengaku belanja kerja industri telekomunikasi setidaknya menghabiskan dana sebesar Rp 150 triliun per tahun. Dana itu dibelanjakan untuk membeli komponen, sub komponen hingga perakitan yang sebagian besar bahan bakunya berasal dari luar negeri.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More