blog-indonesia.com

Sabtu, 21 Januari 2012

Inilah Cara Tepat Akun Online Anda Tetap Aman

INILAH.COM, Jakarta - Untuk menjaga informasi pribadi, terutama di dunia maya, banyak hal bisa dilakukan. Berikut lima hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan online Anda.

Saat ini Anda sedang diserang mesin

Setelah terjadi ketakutan dalam kasus pembajakan di Gawker Media tahun lalu, firma keamanan Duo Security menunjukkan, perusahaannya mampu ‘mencuri’ 200 ribu password pengguna dalam waktu kurang dari satu jam.

Firma ini mengaku melakukan hal tersebut menggunakan serangan ‘kekuatan brutal’ dengan cara komputer mencoba jutaan password hingga menemukan satu password yang bisa digunakan.

Pilihan terpopuler seperti ‘123456’ hanya butuh beberapa detik hingga bisa terpecahkan. Namun, jika password terdiri dari sedikitnya delapan huruf besar dan kecil, angka dan simbol, password ini akan bertahan cukup lama hingga hacker (peretas) memutuskan mencari mangsa yang lebih mudah.

Generator password online seperti Random.org dapat membantu membuat password yang kuat bagi Anda.

Para peretas mencari kunci Anda di muka umum

Apa Anda memiliki foto anak-anak Anda atau anjing peliharaan yang diunggah di Facebook? Pastikan foto-foto tersebut tak berguna bagi penjahat. Sebuah password atau pertanyaan keamanan yang didasarkan pada, katakanlah, nama hewan peliharaan Anda, rentan mengalami serangan, kata ahli keamanan dan mantan peretas Kevin Mitnick. Jadi, atur kembali pengaturan privasi Anda dan jangan pernah anggap nama gadis ibu Anda merupakan rahasia.

Jangan beri password Anda ke orang lain

Sebuah password yang kuat akan menjadi sia-sia jika Anda memberikannya pada orang lain. Anda mungkin pernah mendengar ‘phishing’ atau situs dan email palsu yang mencoba membujuk mengungkap informasi pribadi Anda.

Sangat mudah membatasi kerusakan yang timbul

Kabar baik mengenai pembajakan password adalah, hal ini tak perlu menjadi bencana jika Anda mempertahankan password yang unik untuk tiap akun yang Anda miliki dan mengubahnya secara teratur.

Menurut Experian, hampir dua pertiga pengguna web bergantung pada password yang sama untuk setidaknya dua situs. Hal ini membuat peretas mampu menyerang 90 ribu akun game Sony pada Oktober lalu menggunakan password curian dari situs-situs lain.

Anda tak perlu memori fotografi

Menurut hasil studi Microsoft, pengguna internet rata-rata memiliki 25 password yang terlindungi. Hal ini akan menjadi makin aman jika mengacak info Anda. Di sisi lain, password manajer seperti software gratis seperti KeePass bisa mejadi andalan Anda. Hal ini dikarenakan software tersebut memiliki database yang terenkripsi di dalam komputer. [mdr]


Inilah.com

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More