blog-indonesia.com

Selasa, 22 Mei 2012

Pelajar SD Yogyakarta ikuti kontes robot internasional

Tim Robot SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta mempersiapkan 10 robot untuk mengikuti kontes robot "International Islamic School Robot Olympiad" di Malaysia. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Yogyakarta (ANTARA News) - Pelajar SD Muhammadiyah Sukonandi Yogyakarta akan mengikuti kontes robot dalam kejuaraan International Islamic School Robot Olympiad tanggal 23-28 Mei 2012 di Malaysia.

"Kami akan menerjunkan dua tim pada kejuaraan itu. Masing-masing tim terdiri atas tiga siswa yang duduk di kelas empat dan lima," kata Pendamping Tim Robot SD Muhammadiyah Sukonandi, Benny Oktiyanto, di Yogyakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, kedua tim akan bertanding di empat kategori yaitu kategori robot pelacak garis (line tracing), robot yang bisa menyelesaikan labirin (maze solving), robot theatre dan robot analog.

Dalam kejuaraan yang untuk pertama kali mereka ikuti itu, tim robot SD Muhammadiyah Sukonandi telah mempersiapkan 10 robot dan enam di antaranya akan disertakan pada kategori robot theatre.

Dalam kontes pada kategori robot theatre, tim akan menampilkan cerita tentang Bhinekka Tunggal Ika melalui suguhan tarian Bali dan Jawa yang dilakukan bersama enam robot dengan karakter kancil, ular, gajah, bunga, globe dan burung dara.

Benny berharap tim yang telah melakukan persiapan intensif selama dua bulan untuk mengikuti kontes robot cerdas tersebut bisa membawa pulang gelar juara.

"Kami berharap bisa memperoleh pengalaman-pengalaman berharga dalam sebuah kontes robot. Apalagi, kegiatan ini semakin diminati oleh siswa," katanya.

Selain siswa dari SD Muhammadiyah Sukonandi, ada dua sekolah lain yang mengikuti kontes tersebut, yaitu SD Muhammadiyah Sapen dan SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. (E013)


1 komentar:

Kurikulum baru ya, sudah diajarkan bikin robot.
semoga ini dapat memajukan Indonesia. :)

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More