blog-indonesia.com

Jumat, 24 Agustus 2012

14 Ribu Converter Kit BBG untuk Angkot Dibagikan November 2012

Dananjoyo Kusumo / Jurnal Nasional
SEBANYAK 14 ribu converter kit untuk bahan bakar gas (BBG) kendaraan angkutan kota (angkot) akan segera dipasang pada November 2012. Converter kit untuk kendaraan umum ini rencananya akan dipasang bagi angkot di wilayah Jakarta dan Jawa Timur dulu.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM, Evita Herawati Legowo, kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (24/8). "Harapan kami, November tahun ini sudah ada pemasangan converter kit, khususnya di Jawa Timur dan Jakarta. Yang jelas, untuk tahap awal, ada 14 ribu converter kit dulu yang akan dibagi dan dipasang secara gratis pada angkot berukuran kecil," katanya.

Saat ini, pemerintah juga mengupayakan pengadaan 33 unit SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas) yang masih berlangsung pembangunannya. Infrastruktur SPBG ini diharapkan bisa terbangun dengan cara comissioning (melalui tahap uji coba) dan targetnya Maret 2013 mulai beroperasi efektif.

Meski ke-33 SPBG belum selesai, namun pasokan bahan bakar gas (BBG) untuk mobil yang telah dipasangi converter kit tetap bisa dilayani SPBU yang dilengkapi tempat pengisian gas. "SPBU yang ada saat ini masih bisa melayani jika pemasangan 14 ribu converter kit selesai dilakukan, cuma hanya perlu ditambah gasnya saja, tapi alokasi gasnya sudah ada," ujar Evita.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rudi Rubiandini, menyampaikan, program konversi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ke BBG akan beroperasi efektif mulai 10 Desember 2012. Hingga kini persiapan pengadaan converter kit terus dilakukan dan yang pasti alat itu dibeli dari luar negeri. "Konversi BBM ke BBG ini terus berjalan, tunggu saja 10 Desember 2012 nanti. Sekarang yang ditunggu (kepastiannya) adalah converter kit-nya. Itu yang paling krusial," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More