blog-indonesia.com

Selasa, 28 Agustus 2012

LIPI beri penghargaan kepada Prof. Soekarja Somadikarta

Prof Soekarja Somadikarta juga pernah meraih berbagai penghargaan termasuk diantaranya dari National Academy of Sciences-National Research Council di Washington, Amerika Serikat.(Dokumentasi LIPI)

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan penghargaan Sarwono Prawirohardjo XI kepada Prof. Soekarja Somadikarta atas peran dan sumbangannya dalam pengembangan ornitologi di Indonesia.

"Beliau adalah akademisi dan ilmuwan dengan keahlian di bidang ornitologi atau taksonomi burung yang kepakaran dan karya-karyanya diakui oleh dunia," kata Kepala LIPI Prof. Lukman Hakim dalam sambutannya pada acara penganugerahan penghargaan di Auditorium LIPI Jakarta, Selasa.

Menurut Lukman, Soekarja adalah peletak dasar ornitologi di Indonesia dan telah menggeluti bidang itu selama lebih dari 40 tahun.

Kepeloporan dan kepakarannya di bidang ornitologi, lanjut dia, saat ini tidak bisa tergantikan oleh ilmuwan yang lain.

Ia mengatakan, kepakaran Soekarja sangat dibutuhkan oleh Indonesia yang merupakan salah satu pusat mega-biodiversity yang memiliki ribuan jenis burung.

"Dalam kiprahnya sebagai seorang akademisi dan pendidik, beliau selalu menekankan pada generasi muda tentang pentingnya memiliki kebanggan dalam meneliti kekayaan yang ada di tanah air kita sendiri," katanya.

Lukman menjelaskan, pemilihan Soekarja sebagai penerima Penghargaan Sarwono Prawirohardjo XI sudah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang sejak awal tahun 2012.

Penghargaan Sarwono Prawirohardjo setiap tahun diberikan kepada ilmuwan, akademisi maupun tokoh masyarakat yang memiliki prestasi tinggi di bidang keilmuan dan pengabdian masyarakat.

Nama penghargaan itu diambil dari nama pimpinan LIPI yang pertama, Prof. Sarwono Prawirohardjo.(SDP-49)


(Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More