blog-indonesia.com

Kamis, 23 Agustus 2012

Peneliti Bioteknologi UGM Wafat

foto
Joedoro Soedarsono. ugm.ac.id
Yogyakarta - Tokoh peneliti bidang Bioteknologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Joedoro Soedarsono, tutup usia dalam usia 77 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Yogyakarta, Rabu, 22 Agustus 2012. Rektor UGM Pratikno menuturkan Joedoro merupakan salah satu tokoh akademik yang telah mengahrumkan nama UGM dan kancah dunia pendidikan khususnya di bidang pertanian selama kiprahnya.
“Sebagai peneliti, Almarhum telah memberi kontribusi signifikan dalam pengembangan bioteknologi, tidak hanya di UGM, tetapi juga Indonesia,” kata Pratikno saat memberikan ucapan belasungkawa di Balairung UGM.

Bekas Dekan Fakultas Pertanian, Wakil Rektor, dan Ketua Majelis Wali Amanat itu dinilai ikut membesarkan dan memimpin Pusat Antar Universitas (PAU) di bidang pengembangan bio-teknologi yang kemudian mengembangkan minat dan kemampuan para peneliti bio-teknologi di sejumlah universitas di Indonesia.

Joedoro dilahirkan di Bondowoso, 23 Desember 1935. Pendidikannya dimulai di Sekolah Rakyat VI Malang hingga lulus pada 1949. Pendidikan dilanjutkan di SMP Negeri Jember dan SMAN Jember sampai berhasil lulus pada 1956.

Pendidikan Tinggi Tingkat I Fakultas Pertanian UGM ditempuh hingga lulus pada tahun 1958 dan S-1 Fakultas Pertanian UGM lulus tahun 1963. Gelar doktor diraih di University California pada 1976 dalam bidang Ilmu Mikrobiologi.

Selama berkarier, Prof. Joedoro pernah menjabat Dekan Fakultas Pertanian UGM pada tahun 1980-1985, Direktur PAU Bioteknologi tahun 1986-2001, Pembantu Rektor IV pada 1994-1998, dan Ketua Majelis Wali Amanat UGM pada 2003-2006. 

(Tempo.Co)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More