blog-indonesia.com

Selasa, 14 Agustus 2012

Robot ITS berlaga di Robocon saat Lebaran

Surabaya (ANTARA News) - Tim robot RI-NHO dari ITS yang merupakan juara umum Kontes Robot Indonesia 2012, akan berlaga pada kompetisi tingkat internasional, Asia-Pacific Broadcasting Union Robot Contest (ABU Robocon) di Hong Kong, 19 Agustus, atau saat Lebaran.

"Semoga, mereka bisa berhari raya dengan kemenangan, namun tim telah melakukan persiapan matang selama beberapa pekan terakhir," kata Pembina Tim Robot RI-NHO ITS, Rudy Dikairono ST MT, di Surabaya, Selasa.

Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA, Pembantu Rektor I ITS Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko, dan sivitas akademika ITS telah melepas kontingen "ITS Robotic Team" itu secara resmi pada Senin (13/8) malam.

RI-NHO sendiri berarti "Robot ITS Nang Hong Kong" merupakan suatu doa tersendiri agar robot tersebut bisa pergi ke Hong Kong. "Semoga, RI-NHO bisa menang di Hong Kong," kata Prof Dr Ing Ir Herman Sasongko.

Namun, Prof Herman Sasongko berpedan agar tim robot ITS lebih mengutamakan proses. "Berproses bersama dan mengutamakan kebersamaan," katanya.

Motivasi juga disampaikan Rektor ITS Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA. "Jangan takut untuk menang. ABU Robocon pernah dijuarai PENS pada tahun 2002. Saat ini, di tahun 2012, ITS bisa menjadi juara," katanya.

Saat pelepasan itu, Rektor mengenakan jaket merah kepada anggota tim, Wahyu Irawan. "Vivat! Hidup ITS, Hidup ITS, Hidup ITS," kata Prof Tri Yogi Yuwono, bersemangat.

Tim robot RI-NHO berhak mewakili Indonesia ke tingkat internasional setelah menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional 2012 di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1 Juli lalu.

Kemenangan robot dari ITS itu terjadi setelah pada babak final KRI mengalahkan tim robot Barelang 5.2 dari Politeknik Negeri Batam yang menjadi juara pada 2011.

Dalam kontes tingkat nasional itu, juara III pada kategori KRI adalah Jump-Ace dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan juara harapan tim robot Rolpens dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Kemenangan tim RI-NHO itu cukup istimewa karena mengalahkan tim PENS yang sudah 11 kali menjadi juara KRI dan tim Poltek Batam yang merupakan juara KRI 2011.
(E011/M008)

(Antara)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More