blog-indonesia.com

Minggu, 16 September 2012

Gunung Gamalama Meletus, Ternate Tertutup Abu

"Jarak pandang 50 meter di Ternate," kata Humas BNPB, Sutopo Purwo.

Gunung Gamalama meletus
Gunung Gamalama di Maluku Utara meletus Minggu 16 September 2012 pukul 13.22 WIT. Asap abu vulkanik dari letusan ini mencapai 1.000 meter.

Kepala Pusat Data, informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan letusan kembali terjadi pada pukul 14.15 WIT. "Letusan disertai suara gemuruh sedang," kata dia dalam rilisnya, hari ini.

Adapun ketinggian abu dari letusan mencapai 1.000 meter ke arah tenggara - selatan. Debu sudah turun di Selatan Kota Ternate. "Jarak pandang 50 meter di Ternate," kata Sutopo.

Tim BPBD Provinsi Maluku Utara saat ini sudah berada di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk penyediaan masker. Sejauh ini, kata Sutopo, belum ada warga yang mengungsi. "Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah karena debu sudah menutup seluruh Kota Ternate," ujarnya.

Terhitung sejak pukul 14.30 WIT, Gunung Gamalama dinaikkan statusnya dari "Waspada" atau Level II ke status "Siaga" atau Level III.

Pada Sabtu malam pukul 20.27 WIT Gunungapi Gamalama meletus. Hujan abu terjadi semalam di bagian timur-selatan Kota Ternate.

© VIVA.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More