blog-indonesia.com

Sabtu, 22 September 2012

Hatta: Indonesia perkuat kemitraan komprehensif dengan AS

http://img.antaranews.com/new/2012/09/thumb/2012090523.jpgJakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah Indonesia akan memperkuat kemitraan yang komprehensif dengan Amerika Serikat dalam empat bidang ekonomi.

"Ada keinginan untuk memperdalam kemitraan yang komprehensif antara Indonesia dan Amerika Serikat di berbagai bidang antara lain pendidikan, perdagangan, energi, serta lingkungan hidup," katanya dalam keterangan pers tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa sedang melakukan kunjungan ke Washington DC, AS, untuk menghadiri pertemuan mengenai pembangunan berkelanjutan di Indonesia dan kemitraan kedua negara.

Dalam forum tersebut, Hatta mengatakan tantangan bagi kedua negara untuk menjaga keberlanjutan kemitraan tanpa memandang siklus politik yang berkembang baik di Indonesia dan AS. 

"Jakarta dan Washington DC harus menyadari bahwa kerjasama yang solid akan memberikan manfaat bukan hanya Indonesia dan AS, namun juga bagi kawasan dan dunia," katanya.

Selain itu, menurut Hatta, timbul keinginan untuk menjalin kemitraan yang tepat karena hubungan kedua negara tidak hanya menjanjikan, namun juga kompleks. 

"Untuk mengelolanya, harus menjadi kemitraan yang setara berdasarkan hubungan yang saling menghormati, jujur dan kerja sama yang seimbang," katanya. 

Dalam pertemuan itu, masyarakat internasional juga memberikan apresiasi positif dari perbaikan yang telah dicapai oleh Indonesia, karena pembangunan ekonomi yang dilakukan telah mengalami berbagai kemajuan.

Hal tersebut terlihat dari berbagai ucapan selamat atas kemajuan pembangunan ekonomi Indonesia dan keinginan untuk meningkatkan investasi dari para pengusaha terkemuka dari AS. 

Dalam kesempatan tersebut, Hatta memberikan apresiasi kepada USINDO (The United State Indonesia Society) yang menjembatani kemitraan Indonesia dan AS melalui pejabat, politisi, pemimpin opini, akademisi, seniman, dan mahasiswa dari kedua negara. 
(S034/N002)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More