blog-indonesia.com

Selasa, 13 November 2012

Rusia Akan Bangun Rel Kereta di Kalimantan

http://statik.tempo.co/data/2012/10/16/id_145518/145518_275.jpgJakarta - Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Tunjung Inderawan, mengatakan pemerintah Rusia akan membangun rel kereta api di Kalimantan Timur bagian selatan.

"Sekarang sedang melakukan studi," kata Tunjung Inderawan, di sela-sela kegiatan "Review Masterplan Jalur KA Pulau Kalimantan", di Jakarta, Selasa, 13 November 2012.

Ia menjelaskan, jalur tersebut akan menyusuri batas provinsi dan keluar di pantai timur Kalimantan

Rusia membangun jalur tersebut untuk pengangkutan batu bara. Meski demikian, Tundjung berharap di masa yang akan datang Rusia akan menyediakan slot untuk penumpang.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov, pernah mengatakan Joint Stock Company Russian Railways berencana membangun jalur kereta di Kalimantan Timur. "Panjangnya 200 kilometer," kata Ivanov ketika ditemui Tempo di kantornya, September silam.

Ivanov mengatakan perusahaan tersebut juga akan berinvestasi untuk pengembangan infrastruktur terkait. Rel sepanjang 200 kilometer tersebut dibangun sebagai prasarana transportasi batu bara menuju pelabuhan yang ada di Kalimantan Timur. “Untuk pengoperasian rel tersebut, para ahli dari Rusia akan didatangkan untuk melatih tenaga ahli Indonesia,” ia menjelaskan.

Selain membangun rel menuju pelabuhan, JSC Russian Railways juga berencana merekonstruksi rel di dalam area pelabuhan, serta membangun stasiun pembangkit tenaga batu bara. Ivanov mengungkapkan, proyek ramah lingkungan itu telah mendapat dukungan, baik dari pemerintah pusat Indonesia, maupun pemerintah provinsi Kalimantan Timur. Menurut Ivanov, para pihak yang terkait sudah menandatangani dokumen kerja sama untuk membangun rel tersebut. Total investasi proyek itu mencapai US$ 2,5 miliar.

Ivanov menambahkan, proyek tersebut sejalan dengan rencana pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur. "Karena memang sepengetahuan kami, pengembangan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah Indonesia," kata Ivanov.

Rel yang akan dibangun perusahaan Rusia tersebut kelak akan menghubungkan Murung Raya dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pembangunan rencananya dimulai pada kuartal pertama 2014 dan ditargetkan selesai pada 2017. JSC Russian Railways akan membangun rel dalam dua tahap. Pembangunan tahap pertama dilakukan dari Balikpapan ke Kutai Barat, sepanjang 185 kilometer. Dalam tahap kedua, pembangunan dilanjutkan hingga ke Kalimantan Tengah.


© Tempo.Co

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More