blog-indonesia.com

Kamis, 14 Februari 2013

Mahasiswa UNY Raih Juara NIC ITB

Prestasi membanggakan berhasil diraih oleh tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian UNY yang terdiri dari Syafiq (Pendidikan Teknik Mesin FT), Nurlaila Khurnia (Teknik Elektronika FT) dengan memperoleh juara III dalam National Inovation Contest (NIC) yang merupakan rangkaian acara Mechanical Festival 2013 di ITB.

Kontes inovasi itu dimaksudkan sebagai wadah untuk menyalurkan ide dan inovasi para mahasiswa dalam merancang suatu teknologi. Inovasi dan teknologi yang dirancang harus dapat mendukung konsep sustainable development, yaitu pengembangan teknologi yang dapat mempertahankan ketersediaan sumberdaya alam dan menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi di masa mendatang.

Kontes inovasi teknologi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Mesin ITB dengan tema 'Engineering for Sustainable Development'.

Dalam kontes itu dipilih 20 finalis yang berhak lolos ke tahap penjurian kedua. Universitas yang berpartisipasi dalam lomba itu antara lain UNY, UI, ITB, UB, ITS, PENS Surabaya, Unri, UPI. Tim UNY membawakan karya ''Prototype Mesin Pengering Tipe Single-Rotary Drum Dryer Berbasis Solar Thermal dengan Tracking Compound Parabolic Concentrators (CPC)'.

Karya tersebut berhasil memperoleh juara III yang diumumkan saat gala dinner di restoran The Centrum Bandung. Sementara juara I diraih oleh tim Universitas Airlangga dan juara II diraih oleh tim dari ITB.

Hasil penentuan juara tersebut berasal dari penilaian karya yang didasarkan pada presentasi dan prototype yang dibuat.

Syafiq menjelaskan bahwa inovasi teknologi yang dibuat merupakan teknologi terbarukan dan ramah lingkungan yang difungsikan untuk mengeringkan produk biji-bijian dan hasil perkebunan. Alat itu berbasis energi solar termal dengan menggunakan tracking compound parabolic concentrator dan elemen pemanas sehingga alat itu memiliki kemampuan untuk mengurangi pengguanaan bahan bakar fosil dan konsumsi energi listrik berlebih.

Rancangan alat itu juga berorientasi pada kualitas produk yang unggul dan kuantitas yang cukup besar sehingga akan berpengaruh terhadap harga jual produk supaya produk atau komoditas tersebut mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif.


  • itoday  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More