blog-indonesia.com

Selasa, 30 April 2013

Di Tiga Hal Ini, Migas Indonesia Terus Dikuasai Asing

Pengelolaan minyak di Indonesia saat ini masih dikuasai asing. Tiga bidang yang menonjol oleh penguasaan asing antara lain adalah modal, teknologi dan pengelolaan risiko.

Pengamat energi Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa seharusnya asing tidak mendominasi pengelolaan migas Indonesia, melainkan menjadi instrumen dalam membangun industri migas nasional. Celakanya, tiga hal tersebut menjadi penopang kuat dalam industri migas Indoensia. Sayangnya sangat dikuasai oleh asing.

"Tata kelola migas Indonesia belum ada tujuan yang jelas serta belum ada lembaga yang mengatur. Sehingga masing-masing berjalan sendiri," ujar Darmawan di Energy Tower di Jakarta, Selasa (30/4).

Dalam permodalan misalnya, Darmawan berpendapat pemerintah sengaja membuat Pertamina sebagai perusahaan migas pelat merah dalam kekurangan modal. Sementara, Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebagian besar ditopang dari lifting migas.

"Dibandingkan dengan Malaysia, 70 persen keuntungan Petronas kembali ke Petronas, sehingga bisa membiayai capacity building dan menangkap peluang," lanjut dia.(mdk/rin)


  Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More