blog-indonesia.com

Selasa, 23 April 2013

UGM Menangi Dua Kontes Robot di AS

Jakarta • Tim robot Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang beranggotakan tiga mahasiswa, Malik Khidir, Agus Budiyanto, dan Bachtiar Permana, menjuarai dua kompetisi robot tingkat internasional di Amerika Serikat.

"Tim itu meraih juara pertama 'Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest' serta mendapatkan dua emas dan satu perak pada 'Robo Games 2013 Olympics of Robots' di Amerika Serikat (AS)," kata Ketua Delegasi Tim Robot UGM Pekik Nurwantoro di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest diselenggarakan di Hartford City, Connecticut, AS, 6-7 April 2013, sedangkan Robo Games 2013 Olympics of Robots diadakan di San Mateo, California, AS, 19-21 April 2013.

Prestasi mahasiswa itu, kata dia, cukup membanggakan karena berhasil meraih prestasi di tingkat internasional. Bahkan, di Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, tim robot UGM mampu mengalahkan tim robot lain dari sembilan negara, termasuk AS dan Cina.

"Beberapa peserta dari negara lain menyampaikan kekagumannya pada kemampuan robot dan kreativitas tim robot dari UGM, karena robot yang dibuat mahasiswa itu bentuknya mirip laba-laba, sehingga dianggap cukup unik," ungkapnya.

Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi mengatakan prestasi yang diraih ketiga mahasiswa itu sangat membanggakan UGM. Keberhasilan itu menunjukkan buah dari hasil kerja keras, disiplin, dan kekompakan mereka dalam mempersiapkan diri sebelum ikut kompetisi.

Menurut dia, pengembangan robotika di UGM dilakukan melalui proses pembentukan tim robot dari lintas program studi.

"Selanjutnya tim itu mengajukan proposal ke fakultas dan universitas untuk pembiayaan perakitan robot sekaligus pengajuan dana untuk ikut kompetisi. Jadi, kegiatan tim robot mahasiswa menjadi lebih terencana," tukasnya.

  Republika  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More