blog-indonesia.com

Kamis, 27 Juni 2013

Bersihkan Sampah di Kabel Listrik, PLN Punya Robot Canggih

http://images.detik.com/content/2013/06/27/1034/170141_plnsutet.jpegJakarta - PT PLN (Persero) telah mengembangkan robot canggih untuk kebutuhan khusus. Robot dengan nama SEWAYANG ini, mampu membersihkan sampah layang-layang yang tersangkut di jaringan kabet Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Robot ini, merupakan perkawinan dari robot layangan (Robolay) dan CJDW yang pernah diluncurkan PLN. Hal ini disampaikan oleh Staff Puslitbang PLN Iwan Gunawan kepada detikFinance di sela pameran BUMN Innovation Expo & Award 2013 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (27/6/2013).

"Ini bisa digunakan di tegangan tinggi 150.000 volt tanpa padam. Biasanya kalau bersihkan layangan, itu saluran listrik harus dipadamkan," ucap Iwan.

Model robot SEWAYANG yang diluncurkan tahun 2011 ini, masih masuk tahap purwa rupa atau prototype. Robot SEWAYANG dari desain dan rancangan, dirakit oleh tim PLN. Iwan menambahkan, robot ini dilengkapi 2 kamera pengawas, kipas angin, koneksi wireless serta pemantik api dan gas. Pemantik api dan gas ini, berfungsi membakar sampah layangan.

"Kita nggak perlu khawatir api akan akan menyambar robot karena ini dilengkapi kipas angin," tambahnya.

Menurutnya, robot ini bisa digerakkan jarak jauh melalui remote kontrol. Iwan menjelaskan, sampah layangan kadang bisa memicu konsleting ketika kawat yang ada di layangan mengenai jaringan kabel PLN. Selain berfungsi membersihkan layangan, robot SEWAYANG bisa bekerja melilit kabel yang terurai di tegangan 20 KV.(feb/dru)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More