blog-indonesia.com

Selasa, 18 Juni 2013

Industri Kreatif Tumbuh Tujuh Persen

Industri Kreatif Tumbuh Tujuh PersenJakarta - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, menyatakan industri kreatif meningkat 7 persen setiap tahunnya. "Industri ini termasuk yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tiap tahunnya," ujar dia dalam sambutan pembukaan pameran Sumatera Barat Food and Craft VI di Plasa Pameran Kementerian Perindustrian, Jakarta, hari ini, Selasa, 18 Juni 2013.
Euis menjelaskan, subsektor fesyen dan kerajinan merupakan subsektor yang dominan memberikan kontribusi ekonomi. "Baik itu nilai tambah, tenaga kerja, jumlah unit usaha, dan ekspor," katanya.

Kedua subsektor tersebut menyumbang nilai ekspor hingga mencapai rata-rata US$ 13 miliar per tahun dalam beberapa tahun ini. Nilai tambah keduanya pun, menurutnya, memiliki rata-rata yang cukup tinggi. Hingga awal tahun ini, subsektor fesyen berkonstribusi sebesar 44,3 persen dari total sektor industir kreatif, sementara kerajinan memiliki kontribusi sebesar 24,8 persen.

Terkait penyerapan tenaga kerja, Euis menambahkan, industri fesyen dan kerajinan memiliki kontribusi yang cukup besar. "51,7 persen untuk fesyen dan 35,7 persen untuk subsektor kerajinan," ujar dia.

Maka dari itu, para pemerintah daerah diminta untuk membina yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk industri, khususnya kerajinan, fesyen, dan pangan. "Juga dapat memfasilitasi mereka agar bisa tumbuh pesat di pasar global yang kompetitif."

Hari ini, Selasa, 18 Juni 2013 hingga 21 Juni 2013, Kementerian Perindustrian menggelar pameran yang bertajuk "Sumatera Barat Food and Craft VI". Pada acara ini dipamerkan berbagai macam hasil produksi IKM asal Sumatera Barat yang didominasi oleh kerajinan sandang dan pangan.

Menurut Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Daerah Sumatera Barat, Afriadi Laudin, total IKM di Sumatera Barat tahun 2012 lalu tercatat ada 35.331 unit usaha. "35.123 unit industri keci dan 208 unit industri menengah dan besar," kata dia dalam sambutan pameran, mewakili Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.


  Tempo 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More