blog-indonesia.com

Senin, 08 Juli 2013

7 Tips Sederhana untuk Privasi Internet

7 Tips Sederhana untuk Privasi InternetJakarta -  Privasi pengguna menjadi hal yang semakin penting seiring maraknya penggunaan internet melalui piranti mobile seperti telepon seluler dan tablet.  Oleh karena itu memahami langkah-langkah sederhana untuk melindungi data pribadi menjadi utama.

Semua orang perlu tahu membuat password yang kompleks. Tapi apakah Anda telah menggunakan mode private browsing saat mengecek akun bank atau saat membayar tagihan kartu kredit? Berikut 7 langkah sederhana itu.

1. Gunakan mode incognito atau private browsing saat mengakses akun bank atau membayar tagihan online. Pada browser seperti Safari, fitur ini ada pada menu File.

2. Pasangi Passcode pada tablet, laptop, atau ponsel cerdas Anda. Jika piranti jatuh ke tangan orang lain, minimal, ada satu lapis perlindungan yang harus dilewati orang asing itu untuk mengetahui isi data Anda.

3. Pasang Google Alert dengan nama Anda. Ini untuk mengetahui apa yang dibicarakan orang di internet. Caranya dengan mendaftarkan nama Anda atau variasinya di www.google.com/alerts.

4. Biasakan sign off dari Facebook, Gmail, Twitter, dan jejaring sosial lainnya seusai menggunakan, bahkan jika Anda sekadar ingin berselancar ke situs lain sejenak. Ini karena orang lain bisa menggunakan akun Anda jika menggunakan browser yang sama setelah Anda gunakan.

5. Biasakan untuk mengecek pengaturan pada fitur setting di jejaring sosial yang biasa Anda gunakan. Lakukan ini sebulan sekali. Ini karena situs jejaring sosial kerap mengubah kebijakan privasi yang diterapkannya.

6. Jika Anda pengguna layanan surat elektronik Gmail, ada baiknya menggunakan dua tahap otentifikasi, yang tersedia. Setiap kali Anda log-in ke Gmail, layanan ini akan mengirimkan kode khusus ke ponsel Anda lewat pesan singkat. Ini artinya, jika seseorang memiliki password Anda, dia juga harus memiliki ponsel Anda untuk bisa masuk. Akses layanan ini dari Google Account settings dan pilih security.

7. Gunakan password yang kompleks seperti kombinasi huruf dan angka. Bersihkan history dari peramban yang Anda gunakan minimal sebulan sekali. Ini agar jejak Anda di internet tidak bisa diketahui oleh orang lain yang menggunakan komputer sama.


  Tempo 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More