Jakarta - Peneliti senior dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menerima Penghargaan Sarwono Prawirohardjo (Sarwono Award) yang diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Beliau adalah seorang peneliti senior dari LAPAN yang telah menunjukkan prestasi dan pengabdian sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia," ujar Kepala LIPI Lukman Hakim pada kata sambutan Sarwono Award di Jakarta, Jumat.

Sarwono Award adalah penghargaan yang rutin dilaksanakan oleh LIPI sejak 2001, yang diberikan kepada perorangan yang menunjukkan prestasi luar biasa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan kemanusiaan.

Lukman menjelaskan bahwa Thomas layak menerima penghargaan tersebut karena dia dianggap sangat aktif dalam memberikan advokasi saintifik kepada pemerintah dan masyarakat luas, terutama dalam menentukan tanggal-tanggal penting keagamaan.

Selain itu, Thomas yang merupakan peneliti di bidang astrofisika juga aktif berperan dalam Program Penyusunan Tafsir Ilmu, merupakan anggota Tim Penilai Peneliti tingkat Pusat, dan menghasilkan berbagai karya ilmiah di tingkat nasional dan internasional.

Pada kesempatan yang sama, Thomas menyatakan rasa syukurnya dan mengatakan bahwa astronomi bisa menjadi penuntun kemajuan sains.

"Astronomi memberi tantangan nyata dengan keindahan fenomena langit yang hanya bisa dinikmati dengan perangkat sains," imbuh Thomas.