Jakarta - Aplikasi pesan instan Blackberry Messenger (BBM) akan bisa diunduh gratis dan digunakan untuk pengguna Android dan iPhone.

Dalam acara kumpul bersama dengan komunitas ponsel pintar di Jakarta, Kamis, Ketua Komunitas Blackberry Joegianto mengatakan aplikasi tersebut akan tersedia benar-benar gratis, tanpa ada batas waktu seperti sejawatnya WhastApp.

"Confirmed free alias gratis, hanya saja, akan ada in-apps atau tambahan dalam aplikasi itu yang nantinya akan berbayar," katanya.

Misalnya, fasilitas seperti stiker yang umum di aplikasi pesan instan seperti Line, KakaoTalk atau WeChat juga akan tersedia di BBM. Tentunya dengan tambahan konten yang tidak sepenuhnya gratis.

"Jadi kesempatan itu terbuka untuk pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi yang nantinya akan bisa dinikmati, tak hanya pengguna BBM di Blackberry, tapi juga pengguna Android dan iPhone," katanya.

Managing Director Blackberry Indonesia Maspiyono Handoyo juga memastikan aplikasi pesan instan akan sepenuhnya gratis.

"Memang gratis, tujuannya memang untuk meningkatkan pasar pengguna BBM selain tentu menjual handsetnya," ujarnya.

BBM secara resmi bisa diunduh gratis dari perangkat Android dan iPhone melalui www.bbm.com mulai 21 September mendatang.

Untuk Android, bisa diunduh mulai pukul 18.00 wib dan untuk iPhone bisa diunduh enam jam kemudian atau Minggu, 22 September mulai 00.01 WIB.

Setelah masuk ke situs resmi, pengguna akan diarahkan ke Play Store atau Apple Store sesuai dengan perangkat. Setelah terunduh, akan keluar PIN dan pengguna bisa memasukan Blackberry ID baru atau yang yang sudah ada.

Lalu, pengguna bisa langsung mengundang teman melalui akun media sosial. Aplikasi BBM khusus untuk seri diatas Android 4.0.0 serta iPhone seri iOS 6 dan 7 itu nantinya baru akan memungkinkan pengguna untuk percakapan (chat), berbagi file seperti foto dan voice notes, percakapan grup disertai foto dan jadwal, Broadcast Message, serta post update berupa foto atau status.

Sementara aplikasi panggilan video dan voice belum tersedia untuk BBM di perangkat Android dan iPhone.(*)