blog-indonesia.com

Selasa, 24 September 2013

Mobil Listrik Baru Dahlan Iskan

Mobil Listrik Baru Dahlan Iskan Mirip Lamborghini, Ini Komentar si Pencipta

http://images.detik.com/content/2013/09/24/1036/selo.jpgJakarta - Mobil listrik sport baru pesanan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sudah rampung. Mobil listrik berwarna kuning yang diberi nama Selo ini sedikit mirip mobil asal pabrikan Eropa yaitu Lamborghini Gallardo.

Sang pencipta mobil ini, Dasep Ahmadi, mengaku mobil listrik sport ini memang mengadopsi desain mobil sport terkini.

"Keren kan. Iya itu menyesuaikan model sekarang. Kan Lamborghini lagi tren sekarang," ucap Dasep kepada detikFinance, Selasa (24/9/2013).

Dasep menjelaskan, desain Selo dirancang berdasarkan perbincangan antara tim mobil listrik dengan Dahlan Iskan. Mobil ini menurutnya dirancang dan dikembangkan dalam waktu 6 bulan.

"Itu desainnya interaksi antara saya dan Pak Dahlan," sebutnya.

Seperti diketahui, mobil listrik baru berwarna kuning cerah ini sudah nangkring di rumah dinas Dahlan yang berlokasi di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Namun belum tahu kapan Dahlan akan memperkenalkan mobil listrik ini. Selo, diambil dari nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti batu. Selain Selo, Dahlan juga mendukung pengembangan mobil listrik versi Alphard, city car, dan bus.

Sebelumnya, Dahlan mengatakan akan memamerkan beberapa mobil listrik untuk keperluan angkutan peserta pada KTT APEC di Nusa Dua Bali tahun ini.

Untuk pengembangan semua mobil listrik ini, Dahlan menyebut ada dana yang diambil dari kocek pribadinya dan juga sponsor. Selain itu, semua mobil listrik made in Indonesia ini, akan mengikuti persyaratan uji kelayakan dari Kementerian Perhubungan.

Sekali Setrum, 'Lamborghini' Listrik Dahlan Iskan Bisa Digeber 300 Km

Saat ini mobil sport listrik baru pesanan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sudah selesai. Sekali dilakukan charge/setrum pengisian listrik, mobil ini bisa digeber cukup jauh.

Si pencipta mobil listrik ini yaitu Dasep Ahmadi mengatakan, mobil sport listrik baru ini dilengkapi gear box yang benar-benar mirip Lamborghini asli.

"Itu sekali charge bisa menempuh sampai 300 km," ucap sang pencipta Dasep Ahmadi kepada detikFinance, Selasa (24/9/2013).

Dasep mengatakan mobil listrik sport berwarna kuning ini telah dikembangkan selama 6 bulan. Saat ini mobil listrik tersebut sudah nangkring di rumah dinas Dahlan yang berlokasi di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Namun belum tahu kapan Dahlan akan memperkenalkan mobil listrik ini. Selo, diambil dari nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti batu. Selain Selo, Dahlan juga mendukung pengembangan mobil listrik versi Alphard, city car, dan bus.

Berapa Biaya Pembuatan Mobil Listrik 'Lamborghini' Milik Dahlan Iskan?
 

http://images.detik.com/content/2013/09/24/1036/100828_selo3203.jpgMobil sport listrik baru milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sudah selesai dibangun. Mobil yang dibuat oleh Dasep Ahmadi ini mirip dengan mobil Lamborghini. Berapa ya biaya pembuatannya?

Dasep mengatakan, untuk membangun atau membuat mobil listrik sport ini dibutuhkan dana di atas Rp 1 miliar. Ini mirip dengan mobil listrik Dahlan sebelumnya, yaitu Tucuxi, yang dibanderol Rp 1,5 miliar. Namun Dasep enggan menyebut jumlah pasti biaya pengembangan mobil listrik bernama 'Selo' ini.

"Biaya pengembangan di atas Rp 1 miliar. Kalau pastinya saya nggak bisa katakan," kata Dasep kepada detikFinance, Senin (23/9/2013).

Dasep menjelaskan mobil listrik sport ini baru diproduksi sebanyak 1 unit. "Baru satu unit saja," sebutnya.

Saat ini mobil listrik tersebut sudah nangkring di rumah dinas Dahlan yang berlokasi di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Namun belum tahu kapan Dahlan akan memperkenalkan mobil listrik ini. Selo, diambil dari nama dari bahasa Jawa yang memiliki arti batu. Selain Selo, Dahlan juga mendukung pengembangan mobil listrik versi Alphard, city car, dan bus.

Belum Lolos Uji Sertifikasi, 'Lamborghini' Dahlan Iskan Dites Ulang Hari Ini

Mobil listrik Selo pesananan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan belum lolos uji sertifikasi. Uji ini dilakukan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Bekasi, Jawa Barat.

"Kemarin dites di lembaga sertifikasi sampai malam terus kemudian kurang sedikit yaitu spooring balancing-nya tinggal segitu saja. Kemarin dibawa pulang lagi kemudian spooring dan di-balancing-kan di bengkel. Itu kan gampang," ucap Dahlan kepada detikFinance di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Diakuinya, hari ini mobil listrik berwarna kuning yang mirip desain Lamborghini tersebut akan dilakukan pengujian ulang di Bekasi.

"Nah pagi ini dibawa ke sana lagi ke lembaga pengujian untuk dicek lagi," sebutnya.

Setelah lolos uji sertifikasi, mobil ini bakal diperkenalkan kepada publik paling lambat hari Kamis ini. "Nah, kalau sudah mudah-mudahan besok atau lusa sudah diperkenalkan," sebutnya.

Dahlan Rogoh Rp 1,5 Miliar untuk Biayai Mobil Listrik 'Lamborghini' 

http://images.detik.com/content/2013/09/24/1036/081532_selodalama.jpgMenteri BUMN Dahlan Iskan mengaku membiayai sendiri pengembangan mobil listrik jenis sport car bernama Selo. Pengembangan mobil yang mirip desain mobil sport mewah Lamborghini ini menghabiskan dana Rp 1,5 miliar/unit.

"Itu Rp 1,5 miliar. Iya ini dana saya," ucap Dahlan kepada detikFinance di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Dahlan mengatakan mobil listrik sport ini memiliki perbedaan dengan mobil listrik sport Tucuxi yang diciptakan oleh Danet Suryatama yang tak dilengkapi gear box. Sedangkan 'Lamborghini' sudah dilengkapi gear box dan memiliki kecepatan hampir serupa.

"Ya standar kurang lebih sama," jelasnya.

Dahlan tak mau berkomentar lebih jauh soal rencana memproduksi masal mobil listrik mewah ini, meskipun Dahlan tak menutup kemungkinan soal produksi massal.

Mobil Listriknya Mirip 'Lamborghini', Ini Tanggapan Dahlan Iskan


Mobil listrik Selo buatan Dasep Ahmadi asal Depok, Jawa Barat secara desain mirip dengan mobil sport mewah asal Eropa, Lamborghini. Apa kata sang pemilik, Menteri BUMN Dahlan Iskan?

Dahlan mengaku soal desain mobil listrik pesanannya ini, ia hanya memberi masukan namun tidak terlibat langsung dalam perencanaan desain.

"Ini desain para ahli saya kan tidak bisa mendesain," kata Dahlan kepada detikFinance di Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Dahlan telah meminta kepada tim perancang mobil Selo untuk membuat mobil listrik yang nyaman dan bisa menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. Meskipun Dahlan tidak terlibat secara langsung terkait rancangan desainnya.

"Tentu ada permintaan saya yang elegan yang bisa membuat kebanggaan, dan yang jelas itu ciptaan putra bangsa," ujar Dahlan.

Sehari sebelumnya sang pencipta Selo, Dasep Ahmadi membenarkan secara desain mobil listrik rancangannya mengadopsi desain mobil Lamborghini. Menurutnya desain Selo mengikuti tren mobil sport terkini.

"Keren kan. Itu menyesuaikan model sekarang. Kan Lamborghini lagi tren sekarang. Ya ada tapi saya nggak mau ngomong itu dulu. Saya nunggu lulus sertifikasi," kata Dasep.(feb/hen)

  detik 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More