blog-indonesia.com

Sabtu, 07 September 2013

Warga Jepara tangkap macan tutul Phantera Pardus

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTIU2LriSVa-b3qbhHkkXhxI5xIHqPDx648zlbndhGA2CNjFMZUjg
Ilustrasi
Seekor macan tutul jenis Phantera Pardus, menyasar ke perkampungan penduduk, di Lereng Gunung Muria, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng). Saat ini, macan itu telah dievakuasi ke Sumber Daya Alam (BKSDA) Jateng.

"Macan itu terperangkap di rumah perkampungan, di Lereng Gunung Muria, Kabupaten Jepara," ujar Kepala Seksi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Johan Setiawan, kepada wartawan, Jumat (6/9/2013).

Ditambahkan dia, pihaknya bersama tim dari KSDA Jawa Tengah, berangkat dari Semarang menuju lokasi terperangkapnya macan itu. Lokasinya di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

“Macan itu terperangkap jebakan warga. Sebelumnya ada informasi beberapa ternak hilang. Evakuasi juga melibatkan dokter hewan untuk memeriksa kondisinya. Rencananya akan dikembalikan ke habitat aslinya, tentu ada tahapan dulu,” lanjutnya.

Johan mengatakan, macan itu terperangkap di kandang ayam yang dipasang pintu jebakan. Pemilik kandang, kata Johan, sudah satu tahun terakhir kehilangan 29 ayam, empat ekor itik dan lima ekor kambing.

"Macan sudah dievakuasi dengan bius 5 cc, awalnya dalam kondisi stress agak galak. Jenisnya Panthera Pardus jantan," tutupnya.


  Sindo 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More