blog-indonesia.com

Rabu, 02 Oktober 2013

Mobil Mini ITS Juara di Australia

Mobil Mini ITS Juara di AustraliaSurabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menorehkan hasil gemilang di lomba otomotif tingkat internasional lewa karya Specktronic. Anggota tim Spectronic ITS, Muhammad Averous, mengatakan mobil ukuran mini tersebut ikut berlaga di Chem-E-Car Competition, salah satu rangkaian konferensi internasional CHEMECA 2013 di Brisbane, Australia. Chem-E-Car adalah kompetisi prototipe mobil yang digerakkan dengan reaksi kimia.

Rancangan mobil ini atas kolaborasi tiga disiplin ilmu di ITS, yakni Teknik Kimia, Kimia, dan Desain Produk. "Lomba kali ini ITS menurunkan Specktronic generasi VI. Tim berhasil meyakinkan penguji dan peserta konferensi bahwa teknologi ini bisa mengurangi efek rumah kaca," kata Averous di Surabaya, Selasa, 1 Oktober 2013.

Specktronic VI mengusung prinsip kerja piston dengan bahan bakar oksigen. Oksigen yang dipakai adalah hasil reaksi dari penguraian hidrogen peroksida dengan bantuan katalis potasium iodida. Mobil generasi terbaru ini juga dilengkapi penangkap uap air, sehingga hanya oksigen yang akan mengisi mesin piston. Mobil Specktronic sebelumnya sempat menghasilkan air sebagai produk sampingan dan bisa mengganggu sistem mekanis piston.

Jeffry Pratama, anggota Specktronic ITS lainnya, mengatakan keunikan bodi Specktronic menjadi salah satu daya tarik juga. Sebab, desain mobil ini terinspirasi bentuk ikan hiu yang menggambarkan juga ikon Kota Surabaya. Dalam lomba, ITS berhasil menyabet juara 1 sesi presentation poster dan juara 3 untuk race competition. "Kami bersyukur, mengingat persiapan hanya satu hari menjelang lomba di State Library of Queensland," kata Jefrry.


  Tempo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More