blog-indonesia.com

Kamis, 21 November 2013

Hari Terakhir PM Rutte di Indonesia, Ini Isu-isu yang Jadi Perhatian

http://images.detik.com/content/2013/11/21/4/061353_image.jpgDen Haag - Kegiatan kunjungan resmi di Indonesia pada hari ketiga, Jumat (22/11/2013) besok, akan dimulai oleh PM Rutte dengan membuka Forum on Sustainable Production and Trade (Forum Produksi dan Perdagangan Berkelanjutan).

Forum ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Sustainable Trade Initiative, sebuah lembaga yang didirikan untuk mempercepat dan meningkatkan perdagangan ramah lingkungan, dengan membangun koalisi berorientasi dampak antara perusahaan-perusahaan multinasional, masyarakat madani, pemerintah dan para pemangku kepentingan.

Selanjutnya PM Rutte, yang lahir di Den Haag pada 14 Februari 1967, akan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Boediono, terus ziarah ke Taman Makam Pahlawan Indonesia di Kalibata, baru kemudian ke Makam Belanda di Menteng Pulo, Jakarta, demikian keterangan pers Rijksvoorlichtingsdienst (Dinas Penerangan Kerajaan).

Sementara itu Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Lilianne Ploumen yang juga ikut ambil bagian dalam forum ini akan melakukan pembicaraan dengan kalangan pejabat pemerintah Indonesia, LSM, dan dunia usaha, mengenai pentingnya aspek kelestarian dalam perdagangan dan produksi.

Dari forum, Menteri Ploumen akan mengunjungi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Lembaga pemerintah non-kementerian ini belum lama berselang telah menggunakan sistem baru bantuan dari Belanda, untuk dapat memperkirakan banjir dan kekeringan lebih baik lagi.

Sedangkan Staatssecretaris (setingkat Menteri Muda) Urusan Ekonomi Sharon Dijksma akan mengunjungi sebuah perusahaan terkemuka dalam bidang sayuran yakni East-West Seed Indonesia dan ke pabrik Friesland Campina, cabang industri susu terbesar milik koperasi peternak di Belanda.

Sharon bersama para mitra terkait antara lain akan membahas mengenai pentingnya ketahanan dan jaminan ketersediaan pangan, serta peran yang dapat dimainkan oleh perusahaan-perusahaan Belanda di Indonesia.

Kunjungan resmi PM Rutte akan diakhiri dengan makan siang bersama dan evaluasi dengan semua peserta dalam delegasi misi bisnis terbesar dalam sejarah hubungan bilateral Belanda-Indonesia.(es/es)



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More