blog-indonesia.com

Minggu, 22 Desember 2013

PSN beli satelit baru penuhi kebutuhan komunikasi

Jakarta Perusahaan satelit, Pasifik Satelit Nusantara (PSN) secara resmi mengumumkan pembelian satelit baru yang berteknologi mutakhir.

Dari siaran pers yang diterima Antaranews di Jakarta, Jumat, menyebutkan pembelian satelit baru ini merupakan hasil kerja sama PSN dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Boeing Satellite Systems International.

Satelit terbaru milik PSN ini akan diberi nama ‘PSN VI’.

Langkah baru PSN pada akhir 2013 ini mempertegas keseriusan perusahaan dalam mengembangkan teknologi satelit di Indonesia.

Keberadaan satelit PSN VI ini bertujuan memberi jawaban terhadap kebutuhan negara Indonesia akan kapasitas satelit bagi jaringan komunikasi suara, data, Internet broadband, dan distribusi video di seluruh wilayah kepulauan Indonesia yang masih sulit dijangkau oleh jaringan infrastruktur terestrial seperti menggunakan fiber optic dan microwave link.

Rencananya satelit ini akan mengisi slot orbit 1460E yang dikelola oleh PSN.

Satelit ini ditargetkan akan meluncur pada pertengahan 2016 dan diharapkan mulai beroperasi pada awal 2017.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Boeing selaku produsen satelit terkemuka yang sudah teruji kualitas teknologi dan produknya, dan kami yakin kolaborasi ini akan memperjelas komitmen kami untuk menjadi perusahaan penyedia jasa komunikasi berbasis satelit yang terdepan dalam inovasi teknologi dan produk-produknya,” kata Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso, dalam keterangan tertulis.

PSN VI memiliki kapasitas transponder C dan Ku Band yang dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Transponder C band akan digunakan untuk melayani kebutuhan distribusi video, cellular trunking, dan komunikasi data baik pada perusahaan kecil, menengah, maupun besar di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan transponder Ku Band diarahkan untuk melayani kebutuhan kapasitas satelit pada industri televisi berbayar atau pay TV yang diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu 4-5 tahun kedepan.

Selain itu, PSN VI yang dilengkapi dengan teknologi terkini akan memiliki kemampuan sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang dapat memberikan layanan Internet broadband dengan kapasitas jauh lebih besar dibandingkan dengan satelit konvensional untuk alokasi spektrum yang sama.

PSN VI yang merupakan satelit seri Boeing 702SP, menggunakan roket pengendali mutakhir yang dinamakan electric propulsion (plasma thruster), sehingga dapat menghemat berat satelit sekitar 2,5 sampai 3 ton dan dapat lebih memperpanjang umur satelit atau masa pemanfaatannya.

Penggunaan seluruh teknologi terdepan ini, menurut dia, merupakan upaya memperkuat kemampuan PSN untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya di seluruh Tanah Air.

"PSN selalu mencoba berinovasi dan melewati segala batasan untuk memberikan hasil terbaik bagi pelanggannya," katanya.


  Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More