blog-indonesia.com

Senin, 16 Desember 2013

Spesies Baru Komodo Ditemukan di NTT

Spesies Baru Komodo Ditemukan di NTT
Komodo
Kupang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tengga Timur menemukan spesies baru komodo. Spesies baru binatang bernama latin Varanus komodoensis itu ditemukan di tiga lokasi di Pulau Flores. "Saat ini kami sedang melakukan penelitian terhadap spesies sejenis komodo tersebut," kata Kepala Balai KSDA NTT Wiratno, Senin, 16 Desember 2013.

Spesies sejenis komodo itu ditemukan di tiga lokasi, yakni Pulau Antaloe dan Kecamatan Riung di Kabupaten Ngada, serta Desa Pota di wilayah Utara Kabupaten Manggarai Timur. Kadal raksasa yang ditemukan itu sangat mirip dengan komodo yang berada di Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Petugas Balai telah mengambil sampel darah binatang mirip komodo itu untuk dilakukan penelitian. "Kami telah mengambil sampel darahnya untuk diteliti balai besar di Jakarta guna memastikan spesies yang baru ditemukan itu sejenis komodo yang berada di TNK Pulau Komodo," katanya.

Menurut dia, berdasarkan pengamatan Balai KSDA NTT selama beberapa bulan di habitat dari spesies tersebut, pola hidupnya sangat mirip dengan komodo yang berada di TNK. Di antaranya spesies itu memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning, dan bercabang. Selain itu, ujar Wiratno, spesies ini juga mempunyai inteligensi yang bagus. Ini terlihat pada saat berburu atau mencari mangsa. Binatang ini memburu rusa, kerbau, dan babi hutan.


  Tempo  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More