blog-indonesia.com

Senin, 20 Januari 2014

Dua Candi Ditemukan di Dieng

Ilustrasi.BANJARNEGARA Bukit Pangonan di dataran tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara, ternyata masih menyimpan banyak peninggalan purbakala. Setelah sebelumnya dua bangunan candi ditemukan di bukit yang berlokasi di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur tersebut, dua candi baru kembali ditemukan.

''Lokasi candi masih di Bukit Pangonan, tapi masih tertutup semak dan ilalang,” kata Saroji (55), petugas di Unit Pelaksana Teknis Daerah Dieng, Senin (20/1).

Sama dengan temuan candi-candi sebelumnya, keberadaan bangunan candi tersebut ditemukan warga yang juga sedang berjalan-jalan di bukit tersebut. Kedua bangunan candi baru tersebut, ditemukan pada pekan kemarin.

Kedua situs candi tersebut, masing-masing memiliki lebar 3 meter dan panjang 4 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Sama dengan temuan dua candi sebelumnya, yang juga merupakan bangunan candi kecil. '

Saroji menyatakan, hingga sejauh ini pihaknya masih belum melakukan penggalian terhadap kedua temuan candi baru tersebut. ''Kita masih berkoordinasi dengan Balai Purbakala. Terutama untuk penjagaan, agar puing-puing candi tidak menjadi sasaran pencurian,'' jelasnya.


  Republika  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More