blog-indonesia.com

Selasa, 11 Maret 2014

Indonesia siap ekspor listrik ke Papua Nugini

Dahlan ungkap Indonesia siap ekspor listrik ke Papua NuginiJakarta Akhir tahun ini, pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 20 Megawatt di Holtekamp, Papua akan rampung pengerjaannya. Pada tahap awal, PLTU akan mengaliri listrik sebanyak 1 Megawatt ke kota-kota kecil sekitar Papua.

PLTU tersebut merupakan bagian dari proyek listrik pemerintah 10.000 Megawatt. "Pembangunannya sudah hampir jadi. Tunggu finishing. Saya kira akhir tahun ini selesai," ujar Menteri BUMN, Dahlan Iskan di kantornya, Jakarta, Selasa (11/3).

Rencananya, PLTU tersebut juga diminta oleh pemerintah Papua Nugini untuk mengaliri listrik di perbatasan Papua-Papua Nugini. Selanjutnya, pemerintah Papua Nugini yang akan menyambung distribusi ke kota Vanimo, Aitape hingga ke Wewak.

Keinginan tersebut telah diungkapkan oleh Menteri BUMN Papua Nugini, Been Micah saat menemui Dahlan. Untuk itu, besok pagi di kantor PLN akan dibahas lebih lanjut mengenai kerja sama tersebut.

"Besok jam 8 akan ada bicara kelistrikan Papua Nugini dan PLN di kantor PLN bicarakan tarif. Itu teknis di PLN, biarlah enggak ikut campur," jelasnya.

Menurut dia, pengaliran listrik akan menggunakan kabel berkapasitas 70 Kilo Volt agar dapat memenuhi listrik hingga jarak 100 Km. "Tadi pembicaraannya ditambahkan kirim listrik ke kota berikutnya dan kota berikutnya, 3 kota," jelasnya.[bim]



  ♞ Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More