blog-indonesia.com

Minggu, 09 Maret 2014

PT DI Pasok Komponen Pesawat A380, Ekspor Tembus Rp 342 M

PT Dirgantara Indonesia (PT DI) saat ini kembali menunjukkan taringnya di industri pesawat terbang Indonesia.

Selain membuat pesawat, perusahaan pelat merah tersebut juga memasok banyak komponen pesawat, salah satunya komponen pesawat raksasa Air Bus A380.

Direktur Pengembangan Teknologi PT DI, Andi Alisjahbana mengatakan pihaknya sudah cukup lama memasok salah satu komponen pesawat A380. Bahkan Andi menyebut, jika PT DI tidak memasok komponen tersebut, maka A380 tidak akan bisa terbang.

"Ini bisnis kepercayaan, sebulan kita enggak ngirim mereka (Air Bus) mati. Memang komponennya kecil tapi kalau tidak ada mereka tidak bisa terbang," ucap Andi di PT DI, Bandung akhir pekan ini.

PT DI juga mengekspor komponen pesawat lainnya hingga total ekspor komponen setahun mencapai USD 30 juta atau sekitar Rp 342 miliar. Berbagai macam komponen diekspor untuk kebutuhan berbagai macam pesawat.

"Ekspor komponen pesawat per tahun itu mencapai USD 25 juta - USD 30 juta. Barangnya macam macam ada untuk A 320, A 321. Kita kirim ada 20 jenis komponen berbeda," jelasnya.

Andi mengakui ekspor komponen pesawat ini hanya sedikit dalam setahun, namun nilai ekspor terbilang tinggi karena mahalnya harga komponen tersebut.

"Kita ekspor seperti Leading Edge dengan model beda beda. Fungsinya untuk sayap, dia itu bagian dari sayap. Kemudian ada Dnose, dan ini dekat sayap dan sedikit lebih dekat ke engine.

Ini untuk A 320 dan A 321, ada 20 komponen berbeda beda. A 380 barangnya sama tapi lebih besar dan lebih mahal. Kita ekspor cuma buah 40 setahun," tutupnya.


  ♞ Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More